My Bali Coffee sukses di Jerman

My Bali Coffee sukses di Jerman
Ilustrasi. Sejumlah pengusaha kopi dan kedai kopi Indonesia telah mempromosikan kopi nasional di pasar internasional, sekaligus meraih sukses dalam bisnis ini. (Afrah on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Sejumlah pengusaha kopi dan kedai kopi Indonesia telah mempromosikan kopi nasional di pasar internasional, sekaligus meraih sukses dalam bisnis ini.

Salah satu perusahaan kopi Indonesia yang memasarkan label My Bali Coffee yang berlokasi di Jerman mampu mengembangkan varian kopi Indonesia dan telah memasarkannya ke lebih dari 300 toko dan supermarket di negara Eropa Barat itu.

Menurut pemiliknya, Sascha Bayu Handoyo, akuisisi biji kopi My Bali Coffee dilakukan melalui perdagangan langsung dengan sejumlah petani di beberapa sentra kopi di tanah air secara berkelanjutan.

Strategi untuk memperkuat posisi pasar kopi spesialti (specialty) Indonesia di pasar Eropa memerlukan upaya yang berkelanjutan.

Selain itu, branding kopi Indonesia yang 90 persen diproduksi oleh petani kecil dengan perlindungan geografis dan bersifat organik harus terus diperkuat.

Pada peringatan Hari Kopi Sedunia 2020 pada 1 Oktober, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan di tengah pandemik COVID-19, neraca perdagangan produk kopi olahan mengalami surplus 211,05 juta dolar AS (sekira 3,1 triliun rupiah) antara Januari dan Juni 2020.

Menperin juga menyebutkan, hingga saat ini lebih dari 32 produk kopi Indonesia telah terdaftar resmi dengan indikasi geografis di Indonesia.

Indikasi Geografis (IG) adalah tanda pada produk yang memiliki asal geografis tertentu dan memiliki kualitas atau reputasi yang disebabkan oleh asal tersebut.

Kopi arabika Gayo Indonesia adalah varietas kopi IG Indonesia pertama yang diakui oleh Uni Eropa dan terdaftar pada tahun 2017.

Kopi IG Indonesia lainnya adalah Arabika Kalosi Enrekang, Arabika Pulo Samosir dan Robusta Tambora.

Penulis: Bagas Hapsoro [Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia (2016-2020)]

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here