Bank China buka cabang baru di Jeddah, Arab Saudi

Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) mengumumkan pembukaan cabang baru di Kota Jeddah, Arab Saudi, dalam sebuah upacara peresmian yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, pada 16 Mei 2023. (Xinhua/Wang Haizhou)

Mata uang renminbi China akan dipromosikan secara lebih luas di Arab Saudi dengan dibukanya Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) pada Selasa (16/5) di Kota Jeddah.

 

Riyadh, Arab Saudi (Xinhua) – Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) pada Selasa (16/5) membuka cabang baru di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Pengumuman itu disampaikan dalam sebuah pertemuan bisnis yang diselenggarakan di Riyadh, ibu kota Saudi, untuk mempromosikan penggunaan mata uang renminbi China (RMB). Lebih dari 150 orang menghadiri acara tersebut, termasuk Kepala ICBC Chen Siqing, Kuasa Usaha Kedutaan Besar China di Arab Saudi Yin Lijun, dan Konsul Jenderal Konsulat Jenderal China di Jeddah Wang Qimin.

Chen memuji kerja sama pragmatis yang semakin dalam antara China dan Arab Saudi di berbagai bidang karena membawa manfaat nyata bagi rakyat kedua negara.

Sebagai bank komersial terbesar sekaligus penyedia layanan RMB terbesar di dunia, ICBC akan memanfaatkan pembukaan cabangnya di Jeddah sebagai sebuah peluang untuk terus memperkaya pasokan keuangan berkualitas tinggi, mengimplementasikan konsensus penting kedua kepala negara dengan tindakan praktis, dan memberikan berbagai layanan keuangan berkualitas tinggi, tambahnya.

Mata uang renminbi China
Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) Cabang Riyadh bersama perusahaan Arab Saudi Ajlan & Bros Holding Group menandatangani sebuah kesepakatan kerja sama bisnis RMB di Riyadh, Arab Saudi, pada 16 Mei 2023. (Xinhua/Wang Haizhou)

Yin mengatakan bahwa kerja sama ekonomi dan perdagangan yang semakin erat antara China dan Arab Saudi telah menciptakan potensi besar bagi pengembangan kesepakatan dan investasi RMB.

ICBC Cabang Riyadh pada Selasa itu menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama dengan Saudi National Center for Privatization & PPP, serta menandatangani kesepakatan kerja sama bisnis RMB dengan perusahaan Arab Saudi Ajlan & Bros Holding Group.

Seiring dengan China dan Arab Saudi yang semakin memperkuat kemitraan strategis komprehensif mereka dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan bilateral telah mencapai rekor tertinggi 116 miliar dolar AS pada 2022, yang sepenuhnya menunjukkan kekuatan dan vitalitas kerja sama ekonomi serta perdagangan antara kedua pihak.

ICBC merupakan bank China pertama yang memasuki pasar Timur Tengah, dengan institusi yang didirikan di empat negara, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Kuwait.

*1 dolar = 14.875 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan