Konsumsi gas alam China naik pada Oktober 2022

Konsumsi gas alam China
Foto dari udara yang diabadikan pada 20 November 2021 ini menunjukkan sebuah kapal yang sedang berlabuh diisi dengan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) di stasiun pengisian LNG di Pelabuhan Macun yang berada di wilayah Chengmai, Provinsi Hainan, China selatan. (Xinhua/Yang Guanyu)
Advertiser Popin

Konsumsi gas alam China mencatatkan kenaikan sebesar 1,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada Oktober 2022, menjadi 30,53 miliar meter kubik.

 

Beijing, China (Xinhua) – Konsumsi gas alam China mencatatkan kenaikan secara tahunan (year on year/yoy) pada Oktober 2022, menurut badan perencana ekonomi utama negara itu.

Konsumsi riil untuk gas alam mencatat peningkatan sebesar 1,8 persen (yoy) menjadi 30,53 miliar meter kubik pada Oktober, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

Dalam 10 bulan pertama tahun 2022, konsumsi riil gas alam di China mencapai 299,93 miliar meter kubik, turun 1,1 persen dari angka yang tercatat setahun sebelumnya.

Negara itu menghasilkan 18,5 miliar meter kubik gas alam pada Oktober, naik 12,3 persen dari setahun lalu, dan laju pertumbuhannya tercatat 7,7 poin persentase lebih cepat dibandingkan pada September, menurut data dari Biro Statistik Nasional China.

Jalur Pipa Gas China-Asia Tengah

Sementara itu, Jalur Pipa Gas China-Asia Tengah mengirimkan lebih dari 40 miliar meter kubik gas alam ke China pada tahun ini, sebut PipeChina West Pipeline Company.

Jalur pipa gas tersebut mengangkut sekitar 120 juta meter kubik gas alam per hari selama periode tersebut, kata perusahaan itu.

Dengan total panjang 1.833 kilometer dan kapasitas transmisi gas tahunan yang dirancang sebesar 60 miliar meter kubik, jalur pipa gas tersebut telah beroperasi sejak Desember 2009.

Konsumsi gas alam China
Petugas pemeliharaan berdiskusi perihal teknik pengelasan pipa gas alam di stasiun kompresor awal Horgos dari West Pipeline Company di bawah China Oil & Gas Pipeline Network Corporation (PipeChina) di Horgos, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 4 Februari 2021. (Xinhua/Ding Lei)

Sebagai jalur pipa gas transnasional pertama di China, infrastruktur itu membentang dari perbatasan Turkmenistan dan Uzbekistan, melewati Uzbekistan dan Kazakhstan, dan terhubung dengan Jalur Pipa Gas Barat-ke-Timur China di Horgos, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut.

Jalur pipa gas itu telah beroperasi dengan stabil dan aman selama 4.730 hari sejak dioperasikan, yang memberikan manfaat bagi 500 juta lebih penduduk di 27 provinsi, kota, daerah otonom, serta Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here