Banner

Kereta urban bertenaga hidrogen pertama buatan China tuntaskan uji coba

Kereta urban bertenaga hidrogen melaju di jalur uji coba di Changchun, Provinsi Jilin, China timur laut, pada 21 Maret 2024. (Xinhua/CRRC Changchun Railway Vehicles Co., Ltd.)

Kereta urban bertenaga hidrogen pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh China telah menuntaskan uji coba dengan kecepatan 160 km per jam, menandai terobosan dalam penerapan energi hidrogen pada moda transportasi kereta.

 

Changchun, China (Xinhua) – Kereta urban bertenaga hidrogen pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh China menuntaskan uji coba dengan kecepatan 160 km per jam pada Kamis (21/3), menandai terobosan dalam penerapan energi hidrogen pada moda transportasi kereta.

Banner

Dikembangkan oleh CRRC Changchun Railway Vehicles Co., Ltd. di Changchun, Provinsi Jilin, China timur laut, kereta tersebut menjalani pengujian di jalur uji coba milik perusahaan tersebut, dan berhasil mendapatkan verifikasi kinerja dengan sistem penuh, skenario penuh, dan multilevel.

Berbeda dari kereta konvensional yang mengandalkan bahan bakar fosil atau sistem catenary untuk suplai tenaganya, kereta urban yang sedang diuji coba ini memiliki sistem tenaga hidrogen internal yang dapat menyediakan sumber tenaga yang besar dan tahan lama. Jarak tempuh maksimum kereta ini mencapai lebih dari 1.000 km.

Data pengujian juga menunjukkan bahwa tingkat konsumsi energi rata-rata kereta ini tercatat 5 kilowatt jam per km, setara dengan level terdepan dunia.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan