PM China: KCJB jadi contoh sukses kerja sama regional menuju modernisasi

Foto dari udara yang diabadikan pada 22 Juni 2023 ini menunjukkan kereta inspeksi komprehensif sedang beroperasi di sepanjang jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Bandung, Provinsi Jawa Barat. (Xinhua/Xu Qin)

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) merupakan proyek kereta cepat pertama di luar negeri yang sepenuhnya menggunakan sistem, teknologi, dan komponen industri kereta dari China.

 

Jakarta (Xinhua) – Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) merupakan contoh sukses dari negara-negara berkembang di kawasan yang bekerja sama menuju modernisasi, seperti diungkapkan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang yang sedang berkunjung pada Rabu (6/9) saat meninjau proyek kerja sama China-Indonesia tersebut.

Setibanya di Stasiun Halim, Li disambut hangat oleh para pegawai dari China dan Indonesia. Dirinya mendengarkan laporan mengenai pembangunan jalur kereta itu dan menyampaikan apresiasinya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh para pembangun dari kedua negara.

Menyebut bahwa sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara, KCJB merupakan proyek unggulan dari kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra China-Indonesia yang didukung langsung oleh Presiden China Xi Jinping dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Li juga mengatakan proyek ini membawa aspirasi masyarakat Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik.

Kedua belah pihak harus mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, melakukan persiapan yang matang, memastikan pembukaan berstandar tinggi dan pengoperasian kereta cepat yang berkualitas tinggi, serta menyuntikkan dorongan yang kuat dan berkelanjutan ke dalam modernisasi Indonesia dan kawasan ini, ujar Li.

Li kemudian mengikuti uji coba kereta tersebut dan memeriksa pembangunan peron di Stasiun Karawang. Menyebut kereta cepat itu sebagai jalan menuju integrasi, keterbukaan, dan kemakmuran bersama, Li mengatakan bahwa kereta cepat tidak hanya akan mempersingkat jarak waktu dan ruang antarkota, tetapi juga mendorong optimalisasi dan peningkatan struktur industri serta memberdayakan pembangunan ekonomi di sepanjang rutenya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Para pegawai bekerja di lokasi konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada 1 Mei 2023. (Xinhua/Ren Weiyun)

China siap untuk berbagi keahliannya yang telah matang dengan Indonesia, dan bekerja sama untuk melakukan pekerjaan yang baik dalam mengembangkan industri dan merevitalisasi perkotaan melalui kereta cepat, kata Li.

Dirinya menunjukkan bahwa perekonomian China dan Indonesia sangatlah saling melengkapi dan memiliki potensi besar untuk kerja sama praktis.

Kedua belah pihak harus melakukan upaya berkelanjutan untuk memimpin dalam kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berkualitas tinggi di kawasan ini, mendorong pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama ke tingkat yang lebih tinggi, dan berkontribusi terhadap kesejahteraan rakyatnya dan pembangunan serta kemakmuran kawasan ini, ujar PM itu.

Menghubungkan ibu kota Indonesia, Jakarta, dengan kota terbesar keempat di Indonesia, Bandung, KCJB memiliki trek sepanjang 142 km dengan kecepatan yang dirancang maksimum 350 km per jam.

Proyek tersebut merupakan proyek kereta cepat pertama di luar negeri yang sepenuhnya menggunakan sistem, teknologi, dan komponen industri kereta dari China. PT Kereta Cepat Indonesia-China, sebuah konsorsium perusahaan patungan yang dibentuk oleh Indonesia dan China, bertanggung jawab atas investasi, konstruksi, dan pengoperasiannya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan