Banner

ADB: Integrasi ekonomi di Asia-Pasifik “hampir setara dengan” Uni Eropa

Foto yang diabadikan pada 7 November 2023 ini menunjukkan spanduk Pertemuan Pemimpin Ekonomi APEC ke-30 di luar venue pertemuan di San Francisco, California, Amerika Serikat. (Xinhua/Li Jianguo)

Integrasi ekonomi di Asia-Pasifik “kini hampir setara dengan” integrasi ekonomi di Uni Eropa (UE) dari segi rantai nilai regional dan integrasi sosial.

 

Manila, Filipina (Xinhua) – Integrasi ekonomi di Asia-Pasifik “kini hampir setara dengan” integrasi ekonomi di Uni Eropa (UE) dari segi rantai nilai regional dan integrasi sosial, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) pada Senin (26/2).

Banner

Berdasarkan Indeks Kerja Sama dan Integrasi Regional Asia-Pasifik (Asia-Pacific Regional Cooperation and Integration Index), kawasan ini menunjukkan integrasi yang sebanding dengan UE dalam hal rantai nilai regional, serta integrasi masyarakat dan sosial, menurut laporan Asian Economic Integration Report 2024.

“Kemajuan paling signifikan terlihat pada dimensi teknologi dan konektivitas digital di Asia dan Pasifik, didorong oleh penerapan kebijakan transformasi digital oleh banyak perekonomian, yang lajunya meningkat selama pandemik virus corona (COVID-19),” ungkap laporan tersebut.

Menurut laporan ADB tersebut, integrasi regional telah menjadi “penahan yang sangat krusial bagi berbagai guncangan global” dan telah membantu mengurangi dampak negatifnya.

Banner

Meskipun meningkatnya proteksionisme dan risiko fragmentasi global meningkatkan tantangan ekonomi, peningkatan kerja sama dan investasi dalam hal konektivitas dapat memperkuat ketahanan ekonomi dan memberikan manfaat bersama, demikian disebutkan dalam laporan itu.

“Dialog dan diskusi yang lebih erat mengenai kebijakan regional akan membantu perekonomian-perekonomian Asia untuk menghadapi tantangan dan risiko kerentanan rantai pasokan dan perubahan iklim dengan lebih baik,” papar laporan tersebut.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan