Inggris bangun fregat di Surabaya, perkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia

Inggris bangun fregat di Surabaya, perkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss (kiri) di Jakarta, Kamis (11/11/2021). (Kementerian Luar Negeri RI/YouTube/tangkapan layar)

Jakarta (Indonesia Window) – Inggris akan membangun frigate (fregat), yakni jenis kapal perang berukuran sedang di fasilitas manufaktur kapal milik BUMN Indonesia, PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss saat menyampaikan pernyataan pers bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Kamis (11/11).

“Dua pekan lalu kelompok kapal induk Inggris (carrier strike group) mengunjungi Jakarta dan tahun depan frigate yang dirancang Inggris akan dibangun di Surabaya. Ini adalah bagian dari kerja sama ekstensif kita di bidang pertahanan,” ujar Truss.

Dalam pernyataannya dia juga menekankan bahwa Pemerintah Inggris ingin memperdalam kerja sama di bidang keamanan maritim dengan Indonesia.

“Kami juga meluncurkan kelompok kerja gabungan baru untuk kontra terorisme dan dialog dunia maya,” terang Menlu Inggris saat memaparkan hasil pertemuannya dengan Menlu Indonesia, dalam kunjungan pertamanya sejak menjabat pada September tahun ini.

Kerja sama bidang pertahanan antara Indonesia dan Inggris merupakan salah satu upaya menjaga keamanan dan stabilitas di Kawasan Indo-Pasifik.

“Kami senang menjadi mitra dialog ASEAN yang baru, dan kami membahas bagaimana Inggris dapat memperdalam kerja sama di seluruh kawasan,” kata Menlu Truss.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here