Banner

Inggris akan kirim bantuan vaksin untuk Indonesia

Inggris berencana mengirimkan bantuan vaksin COVID-19 untuk Indonesia. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Inggris berencana mengirimkan bantuan vaksin COVID-19 untuk Indonesia.

“Menteri Luar Inggris telah menyampaikan konfirmasi tentang rencana Inggris untuk memberikan kontribusi vaksin kepada Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Banner

Kepastian tersebut disampaikan Menlu Inggris Dominic Raab dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Retno di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) G20 di Matera, sekitar 424 kilometer arah selatan ibu kota Italia, Roma, pada Selasa (29/6).

“Mengenai jumlah dan waktu pengiriman masih akan kita bahas lebih lanjut,” ujar Menlu RI, seraya menambahkan, konfirmasi pemberian vaksin dari Inggris merupakan kelanjutan dari komunikasi intensif yang dilakukan oleh kedua menlu, termasuk yang dilakukan pada 10 Juni 2021.

Pada pertemuan bilateral tersebut, Indonesia dan Inggris juga membahas komitmen Inggris untuk lebih mengintensifkan interaksinya dengan ASEAN.

Banner

“Kita juga membahas persiapan pelaksanaan COP26, dimana Inggris menjadi tuan rumah. Indonesia menekankan bahwa komitmen-komitmen yang telah diberikan sesuai Paris Agreement (Kesepakatan Paris) penting untuk diimplementasikan, termasuk terkait ketersediaan adaptation fund (dana adaptasi),” ujar Retno.

Hubungan kerja sama Indonesia dan Inggris terus menguat, dengan komunikasi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melalui sambungan telepon dengan Presiden Joko Widodo pada Maret 2021.

“Sementara itu, pada April lalu, saya menyambut Menlu Inggris di Jakarta dalam kerangka RI-UK Partnership Forum. Dan kali ini, saya kembali bertemu dengan Menlu Raab untuk terus mendorong kemajuan kerja sama kedua negara,” kata Menlu Retno.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan