Indonesia dorong eksplorasi ruang angkasa untuk perdamaian

Indonesia dorong eksplorasi ruang angkasa untuk perdamaian
Gambar permukaan Bumi yang diambil dari luar angkasa. (NASA)

Jakarta (Indonesia Window) – Ucapan astronot Amerika Serikat Neil Armstrong saat menapakkan kaki di permukaan Bulan, “satu langkah kecil untuk manusia, satu lompatan raksasa untuk umat manusia” menegaskan bahwa ruang angkasa yang demikian luas adalah milik semua bangsa.

Deputi Wakil Tetap RI Duta Besar Mohammad Koba yang berbicara atas nama ASEAN di Komite IV Sidang Majelis Umum PBB mengatakan pemanfaatan dan eksplorasi ruang angkasa harus dilakukan semata-mata untuk tujuan damai dan memberikan manfaat bagi semua negara, sebut Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JJP) mengutip laman Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Jumat (1/11).

Pernyataan ASEAN tersebut juga menekankan pentingnya meningkatkan akses teknologi antariksa dan mendorong penguatan kerja sama di bidang pembangunan kapasitas dan transfer teknologi.

Dalam kapasitas nasional, Indonesia juga menggarisbawahi peran teknologi antariksa dalam mencapai Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (SDGs).

“Indonesia telah memanfaatkan teknologi antariksa untuk merealisasikan SDGs seperti di bidang penanggulangan bencana, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kelauatan,” ujar Duta Besar Koba.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here