Indonesia-Brasil bahas peningkatan kerja sama ekonomi dalam forum konsultasi bilateral

Indonesia-Brasil bahas peningkatan kerja sama ekonomi dalam forum konsultasi bilateral
Indonesia dan Brasil membahas peningkatan kerja sama sektor ekonomi di beberapa bidang dalam forum konsultasi bilateral ketujuh yang digelar pada Rabu (16/12/2020). (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Indonesia dan Brasil membahas peningkatan kerja sama sektor ekonomi di beberapa bidang dalam forum konsultasi bilateral ketujuh yang digelar pada Rabu (16/12).

Dalam forum tersebut, Indonesia dan Brasil sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, serta pertahanan.

Kedua negara juga membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain, dampak pandemik COVID-19 terhadap perekonomian global serta peran vital ekonomi digital dan ekonomi hijau, terutama tentang penurunan emisi gas rumah kaca dan ketergantungan pada bahan bakar fosil di masa pandemik.

Pertemuan itu secara khusus mencatat sejumlah inisiatif yang perlu didorong kedua negara, salah satunya adalah memperkuat kemitraan strategis antara Indonesia dan Brasil dengan menekankan pendekatan yang modern dan fleksibel.

Hal tersebut dilakukan dengan memetakan areas of interest (kepentingan) dan aspirational goals (cita-cita atau tujuan) kedua negara.

Indonesia dan Brasil juga sepakat untuk menjajaki kerja sama di bidang biofuel, dengan memanfaatkan posisi Brasil sebagai produsen etanol terbesar kedua di dunia dan Indonesia yang mengembangkan biodiesel berbahan kelapa sawit.

Isu regional dan global juga dibahas oleh kedua pihak, antara lain tentang outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik, perundingan perjanjian perdagangan antara Indonesia dan MERCOSUR (pasar umum Amerika Selatan), Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP/Regional Comprehensive Economic Partnership), serta forum bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia (INA-LAC).

Indonesia dan Brasil telah memiliki hubungan diplomatik sejak 1954, dan kerja sama kemitraan strategis sejak tahun 2009.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here