Indeks kepercayaan konsumen Indonesia meningkat jadi 107,4 pada Juni

Indeks kepercayaan konsumen Indonesia meningkat jadi 107,4 pada Juni
Suasana di sebuah pusat perbelanjaan di Bogor, Jawa Barat selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat . (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Survei konsumen terbaru yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada Juni 2021 menujukkan optimisme konsumen menguat, tercermin dari kenaikan indeks kepercayaan konsumen menjadi 107,4 dari 104,4 pada Mei 2021, menurut BI.

Kondisi tersebut perlu dijaga dan dicermati sejalan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini akibat melonjaknya kasus infeksi COVID-19 di Indonesia, kata Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, dalam keterangannya, Kamis.

Menurut dia, konsumen lebih optimis pada Juni 2021 mengingat persepsi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi saat ini, meski masih berada di area pesimistis atau kurang dari 100.

Optimisme konsumen terlihat meningkat di semua kategori pengeluaran dan pendidikan serta sebagian besar kelompok usia, kata Erwin.

Dia menambahkan bahwa secara regional, konsumen lebih optimis di delapan kota yang disurvei, dengan yang tertinggi Banten, Denpasar (Bali) dan Mataram (Nusa Tenggara Barat).

Secara triwulanan, kepercayaan konsumen melampaui ambang batas 100 poin, menunjukkan optimisme di 104,4 pada kuartal kedua 2021, naik dari pesimis 88,0 pada kuartal pertama dan 82,1 pada kuartal kedua.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here