Banner

Roma rayakan ulang tahun ke-2.777 dengan parade dan aneka acara

Orang-orang berpartisipasi dalam sebuah parade perayaan ulang tahun Roma ke-2.777 di Roma, ibu kota Italia, pada 21 April 2024. (Xinhua/Li Jing)

Ibu kota Italia, Roma, merayakan ulang tahun yang ke-2.777, dengan berbagai konser, pameran, upacara, serta sebuah parade yang diikuti oleh lebih dari 2.000 orang yang berbaris sebagai legiun, perwira, senator, gladiator, perawan vesta, pendeta wanita, dan bangsawan, semuanya mengenakan kostum lengkap era Romawi.

 

Roma, Italia (Xinhua) – Ibu kota Italia, Roma, merayakan ulang tahun yang ke-2.777 pada Ahad (21/4), sebuah retrospeksi tahunan atas sejarah panjang kota tersebut yang dalam beberapa tahun terakhir makin populer di kalangan wisatawan.

Banner

Pada Ahad, kota itu disemarakkan dengan berbagai konser, pameran, upacara, serta sebuah parade yang diikuti oleh lebih dari 2.000 orang yang berbaris sebagai legiun, perwira, senator, gladiator, perawan vesta, pendeta wanita, dan bangsawan, semuanya mengenakan kostum lengkap era Romawi.

“Ini adalah cara untuk menghormati sejarah kota kami sambil bersenang-senang dan mempertunjukkannya kepada pengunjung serta pelajar,” kata Marco Contarini, seorang staf kedai kopi berusia 29 tahun yang berpartisipasi dalam parade hari Ahad itu dengan berpakaian sebagai seorang perwira, kepada Xinhua.

Ibu kota Italia
Orang-orang berpartisipasi dalam sebuah parade perayaan ulang tahun Roma ke-2.777 di Roma, ibu kota Italia, pada 21 April 2024. (Xinhua/Li Jing)

Menurut tradisi, Roma didirikan pada 21 April 753 SM.

Banner

Perayaan pada Ahad tersebut diadakan di Circus Maximus, bekas arena pacuan kuda era Romawi yang terletak di sebuah lembah di antara Bukit Palatine dan Bukit Aventine, dua perbukitan yang memiliki hubungan mendalam dengan sejarah Roma.

Preston Juan Loria, seorang manajer proyek berusia 49 tahun dari Florida, Amerika Serikat, mengatakan bahwa menyaksikan kemeriahan hari Ahad itu merupakan suatu kebetulan yang menyenangkan saat sedang berlibur di Roma.

“Kami tidak berencana datang ke Roma untuk merayakan ulang tahun kota ini, tetapi melihat semua ini menjadi cara yang luar biasa untuk mengisi sebagian hari ini, menyaksikan semua kemeriahan ini,” kata Loria kepada Xinhua. “Saya sangat menikmati kekontrasannya, kostum kuno di kota yang modern.”

Banner
Ibu kota Italia
Foto yang diabadikan pada 21 April 2024 ini menunjukkan Bulan di atas Piazza Venezia di Roma, Italia. (Xinhua/Alberto Lingria)

Meskipun perayaan hari Ahad sudah ada sejak berabad-abad lalu, acara kali ini menarik perhatian wisatawan setelah pariwisata di Italia pulih dari dampak pandemik virus corona.

Belum ada perkiraan resmi mengenai jumlah orang yang berpartisipasi dalam kegiatan hari Ahad tersebut. Laporan media mengatakan Roma telah mengerahkan polisi tambahan untuk pengendalian lalu lintas dan keamanan. Pemesanan hotel lebih tinggi dari biasanya pada akhir pekan itu, sebut laporan media.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan