Banner

Presiden China balas surat dari perwakilan seniman Arab terkemuka

Presiden China Xi Jinping menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-Arab pertama dan menyampaikan pidato utama berjudul ‘Melanjutkan Semangat Persahabatan China-Arab dan Bersama-sama Membangun Komunitas China-Arab dengan Masa Depan Bersama di Era Baru’ (Carrying Forward the Spirit of China-Arab Friendship and Jointly Building a China-Arab Community with a Shared Future in the New Era) di Riyadh, Arab Saudi, pada 9 Desember 2022. (Xinhua)

Hubungan China-Arab sekarang berada di titik awal sejarah baru, sebut Xi, menyuarakan harapannya agar lebih banyak seniman Arab akan mengunjungi China dan menciptakan lebih banyak karya seni dengan keterampilan luar biasa yang dapat mempromosikan pertukaran budaya China-Arab.

 

Beijing, China (Xinhua) – Presiden China Xi Jinping baru-baru ini membalas surat dari perwakilan seniman Arab terkemuka yang berpartisipasi dalam acara kunjungan ‘Pertemuan Seniman Jalur Sutra’ (Silk Road Artists’ Rendezvous) ke China, mendorong mereka untuk menciptakan lebih banyak karya seni yang mencerminkan persahabatan China-Arab dan membuat kontribusi baru guna meningkatkan persahabatan antara masyarakat China dan Arab.

Banner

Budaya dapat menghubungkan hati, dan seni dapat menghubungkan dunia, ungkap Xi dalam surat tersebut, mengatakan bahwa dari pembukaan Jalur Sutra kuno hingga kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra, pertukaran antara peradaban China dan Arab telah berlangsung selama ribuan tahun dengan sikap saling menghargai, mencatat warisan sejarah dari pembelajaran bersama.

Xi mengatakan bahwa pada KTT China-Negara-Negara Arab pertama yang digelar pada akhir tahun lalu, China dan negara-negara Arab sepakat untuk melakukan upaya maksimal guna membangun sebuah komunitas China-Arab dengan masa depan bersama di era baru.

Hubungan China-Arab sekarang berada di titik awal sejarah baru, sebut Xi, menyuarakan harapannya agar lebih banyak seniman Arab akan mengunjungi China dan menciptakan lebih banyak karya seni dengan keterampilan luar biasa yang dapat mempromosikan pertukaran budaya China-Arab.

Banner

Xi juga berharap agar mereka dapat berbagi pengalaman dan wawasan mereka di China sehingga lebih banyak lagi teman-teman Arab yang dapat merasakan dan mengenal China, serta bekerja dengan masyarakat China untuk menulis sebuah babak baru pertukaran dan pembelajaran bersama antara peradaban China dan Arab di era baru.

Lebih dari 50 seniman Arab terkemuka yang berpartisipasi dalam acara ‘Pertemuan Seniman Jalur Sutra’ baru-baru ini mengirim sebuah surat bersama kepada Presiden Xi untuk berbagi manfaat dan inspirasi yang mereka dapatkan dari kunjung mereka ke China selama lebih dari 10 tahun terakhir, berharap dapat memberikan kontribusi dalam mempromosikan rasa saling pengertian antara masyarakat China dan Arab.

Sejauh ini, lebih dari 100 seniman dari 22 negara Arab telah berpartisipasi dalam acara tersebut, dan telah menciptakan sebanyak 487 karya seni berupa seni lukis, patung, dan keramik.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan