Dubes Iran sebut Halal Expo kenalkan budaya dan produk halal

Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, saat wawancara dengan Indonesia Window di sela-sela HEI 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). (Indonesia Window)

Halal Expo Indonesia 2023 yang digelar di Jakarta pada 25-29 Oktober menjadi tempat dan kesempatan untuk mengenalkan budaya dan produk-produk halal Indonesia dan Iran kepada masyarakat luas.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Mohammad Boroujerdi, mengatakan bahwa Halal Expo Indonesia (HEI) 2023 yang digelar di Jakarta pada 25-29 Oktober menjadi tempat dan kesempatan untuk mengenalkan budaya dan produk-produk halal Indonesia dan Iran kepada masyarakat luas.

“Pameran Islam, pameran perdagangan, dan pameran ekonomi syariah merupakan pendekatan yang sangat bagus untuk mengenal Islam dan syariah kepada masyarakat, dan Iran sebagai sahabat Indonesia akan terus berpartisipasi dalam acara-acara seperti ini,” ujar Dubes Boroujerdi dalam wawancara dengan Indonesia Window di sela-sela HEI 2023 di Jakarta, Kamis (26/10).

Dubes Iran juga menegaskan bahwa pameran-pameran yang mengenalkan Islam dan syariah Islam seperti HEI sangat penting, ditunjukkan dengan kehadiran Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin yang membuka secara resmi acara ini, bersama dengan sejumlah menteri, para pejabat pemerintah, duta-duta besar negara sahabat, tokoh agama, serta pelaku bisnis.

Halal Expo Indonesia 2023
Iran Trade Center memamerkan beragam produk nasional, seperti madu dan safron, pada perhelatan Halal Expo Indonesia (HEI) 2023 yang berlangsung di Jakarta mulai 25 hingga 29 Oktober. (Indonesia Window)

Tahun ini HEI berkolaborasi dengan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 yang digelar oleh Bank Indonesia, dengan tema ‘Accelerating Sharia Economy and Finance Through Digitalization for Inclusive and Sustainable Growth’ atau ‘Mempercepat Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Digitalisasi Untuk Pertumbuhan Inklusif dan Berkelanjutan’.

Dubes Boroujerdi berharap penyelenggaraan ISEF dan HEI akan semakin baik dari tahun ke tahun, guna lebih mengenalkan syariah Islam dan penerapannya, khususnya di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan, kepada masyarakat.

Dia juga mengundang para pelaku bisnis Indonesia untuk menjalin hubungan perdagangan dan membangun kerja sama dengan mitra-mitra Iran mereka, melalui acara-acara serupa yang digelar di negaranya.

“Kami adalah Republik Islam Iran, sehingga semua produk di masyarakat pasti halal dan sesuai syariat Islam. Pameran-pameran yang berhubungan dengan Islam, Al-Qur’an, dan produk-produk budaya lainnya digelar sepanjang tahun di Iran, seperti saat bulan suci Ramadhan,” jelas dia.

Dubes Boroujerdi mengakui dirinya menyukai produk-produk Indonesia. “Indonesia adalah Tanah Air kedua saya. Saya senang dengan semua produk Indonesia. Untuk makanan, saya senang nasi goreng, dan pakaian batik,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, “Dari semua hal yang saya suka tentang Indonesia, saya sangat suka dengan masyarakat Indonesia yang sangat bersahabat dan baik hati,” pungkasnya.

Laporan: Bambang Purwanto

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan