Banner

Exxon akuisisi Pioneer untuk perluas produksi minyak di Texas, AS

Foto yang diabadikan pada 11 Oktober 2023 ini menunjukkan stasiun pengisian bahan bakar Exxon di Plano, wilayah pinggiran Dallas, Texas, Amerika Serikat. (Xinhua/Dan Tian)

Exxon Mobil telah mengumumkan bahwa pihaknya mengakuisisi Pioneer Natural Resources, sebuah perusahaan pengeboran gas serpih, dengan nilai 59,5 miliar dolar AS dalam upayanya untuk memperluas produksi minyak di wilayah West Texas.

 

Houston, AS (Xinhua) – Exxon Mobil pada Rabu (11/10) mengumumkan bahwa pihaknya mengakuisisi Pioneer Natural Resources, sebuah perusahaan pengeboran gas serpih, dengan nilai 59,5 miliar dolar AS dalam upayanya untuk memperluas produksi minyak di wilayah West Texas.

Banner

Menurut pernyataan yang dirilis pada Rabu, Exxon akan membayar 253 dolar per saham dalam kesepakatan all-stock, premi 18 persen untuk investor Pioneer berdasarkan harga penutupan pada 5 Oktober.

Ini merupakan kesepakatan terbesar Exxon sejak merger dengan perusahaan minyak Mobil lebih dari dua dekade lalu, dan akan menjadikan Exxon sebagai operator terbesar di Cekungan Permian di Texas dan New Mexico, menurut laporan surat kabar Houston Chronicle.

“Jumlahnya lebih besar dibandingkan masing-masing bagiannya,” kata CEO Exxon Darren Woods dalam sebuah wawancara pada Rabu. “Kami memiliki lebih banyak teknologi yang kami pikir akan lebih meningkatkan pemulihan dan mengurangi biaya.”

Banner

Woods mengatakan bahwa Pioneer, yang berbasis di Irving, Texas barat laut, saat ini menguasai sejumlah “area paling menarik” di Cekungan Permian, West Texas.

Kesepakatan tersebut diperkirakan akan mencapai tahap finalisasi tahun depan.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan