Banner

Tajuk Xinhua: China buka ‘Dua Sesi’ untuk dorong modernisasi baru

Pertemuan pembukaan sesi pertama Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People’s Political Consultative Conference/CPPCC) ke-14 digelar di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 4 Maret 2023. (Xinhua/Zhai Jianlan)

‘Dua Sesi’ dalam pemerintahan China adalah saat pemerintah pusat akan menyerahkan sebuah laporan kerja yang biasanya meninjau pencapaian masa lalu dan menetapkan target pembangunan untuk tahun ini dan seterusnya.

 

Beijing, China (Xinhua) – Badan penasihat politik tertinggi China resmi membuka sesi tahunannya pada Sabtu (4/3), menandai dimulainya ‘Dua Sesi’ di sebuah tahun yang penting saat China mengumpulkan kekuatan untuk membangun negara sosialis modern yang hebat.

Banner

Presiden Xi Jinping dan para pemimpin China lainnya menghadiri pertemuan pembukaan sesi pertama Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People’s Political Consultative Conference/CPPCC) ke-14 di Balai Agung Rakyat di Beijing.

Wang Yang, Ketua Komite Nasional CPPCC ke-13, menyerahkan sebuah laporan kerja kepada sesi Komite Nasional CPPCC, mengatakan badan penasihat politik tersebut telah membangun konsensus yang luas dan menyumbangkan kebijaksanaan serta kekuatan untuk mencapai dua tujuan seratus tahun.

‘Dua Sesi’ dalam pemerintahan China merujuk pada pertemuan tahunan Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC), badan legislatif tertinggi China, dan Komite Nasional CPPCC. Sesi NPC dibuka pada Ahad (5/3).

Banner

‘Dua Sesi’ ini sangat penting dalam kalender politik negara itu, saat pemerintah pusat akan menyerahkan sebuah laporan kerja yang biasanya meninjau pencapaian masa lalu dan menetapkan target pembangunan untuk tahun ini dan seterusnya. Ribuan legislator nasional dan penasihat politik akan meninjau dan membahas laporan tersebut, serta laporan legislatif nasional, mahkamah agung, dan kejaksaan agung.

Pertemuan politik tahun ini membawa pengaruh yang sangat besar. Pemilihan para pejabat tinggi baru institusi negara dan kepemimpinan baru Komite Nasional CPPCC merupakan tugas penting dari ‘Dua Sesi’ tahun ini. Reformasi terencana institusi Dewan Negara China juga akan dibahas.

Selain itu, para anggota parlemen akan membahas draf amendemen Hukum Perundang-undangan. Sementara itu, sesi Komite Nasional CPPCC akan meninjau dan menyetujui amendemen piagam CPPCC.

Banner

Saat menyampaikan pidato di hadapan para penasihat politik nasional, Wang memuji lima tahun terakhir China sebagai sesuatu yang “benar-benar luar biasa.”

China berhasil mewujudkan Tujuan Seratus Tahun Pertama untuk membangun masyarakat yang cukup makmur dalam segala aspek sesuai jadwal, kata Wang. “Peremajaan bangsa China kini berada di jalur sejarah yang tidak dapat diubah.”

Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20, yang diadakan pada Oktober 2022, memetakan arah bagi China untuk mewujudkan Tujuan Seratus Tahun Kedua dalam membangun negara sosialis modern yang hebat dalam segala aspek pada pertengahan abad ini.

Banner

Sebagai sebuah ajang politik besar yang berlangsung setelah kongres CPC itu, ‘Dua Sesi’ diperkirakan dapat lebih menggerakkan bangsa untuk memenuhi tujuan modernisasi.

Dua Sesi dalam pemerintahan China
Pertemuan pembukaan sesi pertama Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People’s Political Consultative Conference/CPPCC) ke-14 digelar di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 4 Maret 2023. (Xinhua/Shen Hong)

“Memulai dengan awal yang baik sangatlah penting,” kata Sun Changlong, salah seorang anggota Komite Nasional CPPCC.

“Kami para penasihat politik akan melakukan riset berorientasi masalah yang ekstensif untuk membantu pembangunan berkualitas tinggi,” ujar Sun.

Banner

Chen Huiqing, deputi NPC yang juga wali kota Zhuzhou di Provinsi Hunan, sepakat bahwa “Dua Sesi” ini akan mengumpulkan kebijaksanaan nasional untuk mendorong tujuan modernisasi.

“Kami akan meninjau dokumen dan laporan dengan cermat dan mengajukan saran sehubungan dengan kondisi setempat,” kata Chen.

Sejak awal tahun ini, China telah menunjukkan tanda-tanda positif baru dari konsumsi dan aktivitas pabrik yang kuat.

Banner

Indeks manajer pembelian untuk sektor manufaktur China mencapai angka 52,6 pada Februari, naik dari 50,1 pada Januari. Angka ini menandai level terkuat sejak April 2012.

Lebih dari separuh daerah setingkat provinsi di China telah menetapkan target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 2023 sebesar 6 persen atau lebih tinggi.

Para pengamat telah mengantisipasi bahwa “Dua Sesi” ini akan melanjutkan momentum semacam itu dan semakin meningkatkan kepercayaan untuk perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut di tengah berbagai tantangan domestik dan eksternal.

Banner

“Saya berharap ‘Dua Sesi’ tahun ini memberikan panduan lebih lanjut dan lebih banyak kebijakan dalam menggenjot ekonomi, memperbaiki struktur industri, dan mendorong inovasi perusahaan,” ungkap Qiu Jihua, seorang anggota parlemen nasional.

“China berjuang untuk mengamankan pertumbuhan ekonomi yang stabil tahun ini, sehingga ‘Dua Sesi’ ini sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan dan mengumpulkan kekuatan,” imbuh Yang Hui, seorang penasihat politik nasional.  Selesai

Laporan oleh Yao Yuan, Wang Wen, Wu Ziyu, Zhang Yujie, Zhang Yuqi, Hong Zehua; Reporter video: Sun Qing, You Zhixin, Li Haiwei, Zhao Yihe; Editor video: Wu Yuzhan, Wei Yin, Shi Peng, Zhao Yuchao

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan