Banner

Zona Madina Dompet Dhuafa panen perdana Green House Melon

Parni Hadi, Ketua Pembina Dompet Dhuafa kunjungi panen perdana Green House Melon di kawasan Parung, Bogor, pada Ahad (2/4). (Foto: Istimewa)

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial.

 

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Ketua Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi bersama Direktur Program Bambang Suherman dan Direktur Penggalangan Sumberdaya Etika Setiawanti, mengunjungi Madina Green House pada Minggu (2/4).

Banner

Kunjungan ini bersamaan dengan diselenggarakanya acara peluncuran dan panen perdana Green House Melon Zona Madina Dompet Dhuafa oleh PT. Audy Mandiri Indonesia selaku pihak donor.

Dalam siaran pers yang diterima Indonesia Window, Senin, kunjungan Parni Hadi merupakan wujud dukungannya terhadap inisiasi program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Setiap program yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa harus program yang bermanfaat bagi masyarakat, harap Parni, seraya menambahkan program yang diinisiasi oleh lembaga filantropi Islam itu harus dapat memiliki dampak yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat terutama penerima manfaat.

Banner

Madina Green House merupakan mini green house yang dibangun di kawasan Zona Madina.

Fasilitas kawasan ini dibangun dengan tujuan untuk menjadi sarana bagi para pemuda belajar tentang pertanian, khususnya pertanian melon dan menghasilkan produk berkualitas sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Upaya tersebut dimaksudkan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat utamanya adalah para penerima manfaat yang menjadi bagian dari proses produksi di Madina Green House.

Banner

Jenis melon yang dibudidayakan di Madina Green House adalah Inthanon dan Golden Aromatic Minion, dengan menggunakan dua sistem yaitu irigasi tetes dan katup nutrisi pintar (KNP).

“Saya sudah beberapa tahun berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa. Kami bahagia sekali dengan kolaborasi ini karena kita bener-bener merasakan banyak pilar yang kita harapkan kita bisa support, bisa tercapai di sini dan dari kami banyak mendukung beberapa pilar dari Dompet Dhuafa dan alhamdulillah kita gembira sekali dengan kerja sama selama ini,” kata pendiri PT Audy Mandiri Indonesia, Aynie Yunita.

“Kedepannya sih kita sangat rekomen juga ke yang lain untuk bisa menyalurkan dana CSR (corporate social responsibility/tanggung jawab social perusahaan atau organisasi) dan dikolaborasikan dengan kita. Terima kasih sudah bantu kami bermanfaat buat masyarakat banyak,” lanjut Aynie.

Banner

Sementara itu, Direktur Zona Madina, Udhi berharap Zona Madina terus meningkatkan kualitas pengelolaan program agar memiliki dampak yang kuat.

“Pertama, masyarakat yang dibantu dengan program zona Madina itu mandapatkan dampak yang kuat dan berkelanjutan. Kedua, masyarakat yang ingin berkolaborasi dengan Zona Madina baik itu dalam bentuk pendanaan dan dukungan yang lain, juga akan semakin kuat semangatnya untuk berkolaborasi dengan Zona Madina,” Udhi menambahkan.

Direktur Program, Bambang Suherman, menuturkan bahwa, Madina green house merupakan upaya untuk menghasilkan produk pertanian yang terbaik, dan meyakinkan bahwa metode dan teknologi yang ada serta varitas yang dipilih itu memungkinkan untuk dikembangkan.

Banner

“Alhamdulillah sampai saat Ini hasilnya cukup bagus, dan cukup memberiksn optimisme tentang pengembangan kawasaan yang nantinya akan dikembangkan model green house untuk memberbayakan para petani,” ungkap Bambang.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial.

Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan