Banner

China kembangkan ‘disk memory’ optik berkapasitas petabita

Seorang dokter memberikan saran perawatan kepada pasien di wilayah Longli melalui platform perawatan medis jarak jauh 5G+ di Rumah Sakit Rakyat Provinsi Guizhou di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Mei 2023. (Xinhua/Tao Liang)

Disk memory optik berskala nano tiga dimensi dengan kapasitas petabita (Pb) telah dikembangkan di Shanghai Institute of Optics and Fine Mechanics di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences).

 

Shanghai, China (Xinhua) – Disk memory optik berskala nano tiga dimensi dengan kapasitas petabita (Pb) telah dikembangkan di Shanghai Institute of Optics and Fine Mechanics di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences), menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada Kamis (22/2) di jurnal Nature.

Banner

Tim peneliti tersebut berhasil meningkatkan kapasitas penyimpanan data optik ke level petabita dengan memperluas arsitektur perekaman planar ke tiga dimensi dengan ratusan lapisan, sekaligus mematahkan penghalang batas difraksi optik pada titik-titik yang direkam. Ukuran titik minimum dan lateral track pitch masing-masing adalah 54 nm dan 70 nm.

Tim itu mengembangkan media perekaman optik berdasarkan film fotoresis yang dikombinasikan dengan pewarna emisi yang diinduksi agregasi, yang secara optik dapat distimulasi oleh sinar laser femtosecond.

Teknologi baru ini menandai pencapaian pertama di dunia untuk diska optik berkapasitas level petabita. Temuan penelitian tersebut diharapkan dapat menghasilkan berbagai terobosan dalam hal kemampuan penyimpanan data arsip di pusat data, sekaligus menjawab berbagai tantangan dalam teknologi penyimpanan berkapasitas besar dan hemat energi.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan