Banner

China umumkan daftar 10 istilah populer dalam bahasa Mandarin tahun 2023

Masyarakat mengunjungi pameran untuk memperingati 10 tahun Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia dan China yang bertajuk ‘The Fourth OCCA Calligraphy and Painting Exhibition’ di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) di Jakarta pada 20 Oktober 2023. (Xinhua/Zulkarnain)

Daftar istilah populer Mandarin tahun 2023 sebagai bagian dari acara tahunan ‘Tinjauan Bahasa Mandarin 2023’, mencakup istilah: ‘Peradaban China Modern’, ‘Kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi’, ‘Inisiatif Peradaban Global’, ‘China Digital’, ‘Asian Games Hangzhou’, ‘Air yang terkontaminasi nuklir’, ‘Konflik Palestina-Israel’, ‘Model Bahasa Besar’, ‘Shenzhou-17’, dan ‘Liga Super Desa’.

 

Beijing, China (Xinhua) – ‘Daftar istilah populer dalam bahasa Mandarin tahun 2023’ diumumkan pada Rabu (6/12) oleh Pusat Pemantauan dan Penelitian Sumber Daya Bahasa Nasional China, sebagai bagian dari acara tahunan ‘Tinjauan Bahasa Mandarin 2023’.

Banner

Kesepuluh istilah tersebut yaitu ‘Peradaban China Modern’, ‘Kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi’, ‘Inisiatif Peradaban Global’, ‘China Digital’, ‘Asian Games Hangzhou’, ‘Air yang terkontaminasi nuklir’, ‘Konflik Palestina-Israel’, ‘Model Bahasa Besar’, ‘Shenzhou-17’, dan ‘Liga Super Desa’.

Daftar istilah populer Mandarin
Sejumlah pengunjung mengamati karya seni kaligrafi dan lukisan dalam pameran keempat yang digelar Asosiasi Seniman Kaligrafi China di Luar Negeri (OCCA) di Perpustakaan Nasional Indonesia di Jakarta, pada 20 Oktober 2023. (Xinhua)

Daftar ‘10 istilah populer dalam bahasa Mandarin’ ini didasarkan pada korpus pemantauan sumber daya bahasa nasional, yang memiliki skala korpus lebih dari 1 miliar karakter.

Tinjauan Bahasa Mandarin 2023 juga akan merilis daftar ‘10 istilah slang daring terpopuler’, ‘10 kata baru terpopuler’, serta ‘karakter dan kata terpopuler tahun ini’.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan