COVID-19 – Negara teluk dirikan pusat bersama perangi pandemik

COVID-19 – Negara teluk dirikan pusat bersama perangi pandemik
Para pemimpin negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk atau 'Gulf Cooperation Council' (GCC) bertemu pada KTT GCC ke-41 yang digelar pada Selasa (5/1/2021) di Al-Ula, wilayah Madinah. (Kantor Berita Arab Saudi-SPA)

Jakarta (Indonesia Window) – Negara-negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk atau Gulf Cooperation Council (GCC) akan mendirikan pusat untuk memerangi virus corona dan epidemi lainnya.

Rencana pendirian fasilitas kesehatan regional tersebut disetujui pada KTT GCC ke-41 yang diadakan di kota bersejarah Al-Ula di wilayah Madinah pada Selasa (5/1).

Pusat terpadu itu bertujuan meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan masyarakat dan menetapkan kebijakan bersama di antara negara-negara Teluk.

Pusat bersama itu juga diharapkan meningkatkan koordinasi dan membangun pengetahuan untuk mengekang penyebaran penyakit menular dan tidak menular, menangani keadaan darurat kesehatan masyarakat, dan meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh kawasan Teluk.

Pusat itu akan menjadi bagian dari Dewan Kesehatan GCC dan akan memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit menular di kawasan Teluk.

Fasilitas tersebut juga akan mengkonsolidasikan pelatihan kesehatan regional dan pemanfaatan data kesehatan masyarakat guna menyusun indeks dan penelitian kesehatan Teluk, serta meningkatkan tindakan kelembagaan.

Dewan Kerja Sama Teluk terdiri atas Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Oman, Kuwait dan Bahrain.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here