COVID-19 – Ahli: Pandemik dapat berakhir dalam setahun dengan skenario pesimistis

COVID-19 – Ahli: Pandemik dapat berakhir dalam setahun dengan skenario pesimistis
Ilustrasi. Pandemik COVID-19 dapat berakhir dalam enam bulan di bawah skenario optimistis atau dalam satu tahun di bawah skenario pesimitis, kata ahli Rusia. (Lucia Macedo on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pandemik COVID-19 dapat berakhir dalam enam bulan di bawah skenario optimistis atau dalam satu tahun di bawah skenario pesimitis, kata Wakil Direktur Kerja Klinis dan Analitik di Institut Penelitian Ilmiah Pusat Epidemiologi Rusia, Natalya Pshenichnaya, kepada Kantor Berita TASS pada Jumat (3/4).

“Pada bulan April tahun lalu, para ilmuwan membuat prediksi berdasarkan perhitungan matematis. Mereka memperingatkan dunia bahwa pandemik akan berlangsung setidaknya selama 18 bulan atau dua tahun. Kami melihat bahwa perhitungan ini telah dikonfirmasi sejauh ini,” katanya.

“Dalam skenario yang optimistis, pandemik bisa berlangsung enam bulan lagi. Skenario yang lebih pesimistis menunjukkan bahwa pandemik akan berakhir dalam waktu sekitar satu tahun,” imbuh Pshenichnaya.

Menurut dia, masa depan pandemik bergantung pada kepatuhan orang terhadap semua norma keselamatan untuk mengekang penyebaran virus.

Sejak dimulainya pandemik, lebih 131 juta orang telah didiagnosis dengan COVID-19, dengan hampir 2,9 juta telah meninggal.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here