COVID-19 – Ahli: Vaksin Taiwan siap paling cepat pertengahan 2021

COVID-19 – Ahli: Vaksin Taiwan siap paling cepat pertengahan 2021
Ilustrasi. Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Taiwan akan tersedia paling cepat pada pertengahan 2021. (Freepik)

Jakarta (Indonesia Window) – Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Taiwan akan tersedia paling cepat pada pertengahan tahun depan, kata Presiden Academia Sinica James C. Liao pada Kamis, dikutip dari Kantor Berita Taiwan (CNA).

Selama pemaparan di Legislatif Yuan, Liao diminta untuk memberikan kerangka waktu kapan vaksin COVID-19 Taiwan dapat mencapai pasar.

Dia menjawab bahwa pertanyaan itu akan lebih baik ditujukan kepada produsen vaksin itu sendiri, tetapi dia berharap vaksin buatan Taiwan pertama akan tersedia paling cepat pertengahan tahun depan, atau bahkan mungkin lebih lama.

Mengenai peran Academia Sinica dalam upaya pembuatan vaksin, dia mengatakan pihaknya membantu produsen melakukan pengujian pada hewan.

Institut itu juga mengembangkan uji cepat COVID-19 menggunakan biosensor berbasis transistor efek medan (Bio-FET) yang akan dapat memberikan hasil dalam waktu kurang dari tiga menit, kata Liao.

Hingga saat ini, tiga kandidat pembuat vaksin COVID-19 buatan Taiwan telah diizinkan untuk memulai uji coba pada manusia, yakni dari Adimmune Corp., United Biomedical, dan Medigen Vaccine Biologics Corp.

Taiwan juga telah bergabung dengan rencana alokasi vaksin global COVAX, yang bertujuan untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin COVID-19 pada akhir tahun 2021.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here