COVID-19 – Hasil uji vaksin Rusia ketiga keluar pertengahan Desember

COVID-19 – Hasil uji vaksin Rusia ketiga keluar pertengahan Desember
Ilustrasi. Hasil uji dari vaksin COVID-19 Rusia yang ketiga diharapkan keluar pada pertengahan Desember 2020. (Freepik)

Jakarta (Indonesia Window) – Hasil uji dari vaksin COVID-19 Rusia yang ketiga diharapkan keluar pada pertengahan Desember, kata Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko pada Kamis (15/10).

“Penelitian sedang dilakukan untuk vaksin domestik yang ketiga, dan kami mengharapkan hasil pada pertengahan Desember,” kata Murashko, menurut laporan Kantor Berita Sputnik.

Dia mengatakan daftar kategori orang yang harus divaksinasi sedang disusun.

Sebelumnya pada Rabu (14/10, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa vaksin COVID-19 yang keedua, yang dijuluki EpiVacCorona, secara resmi didaftarkan oleh Pusat Penelitian Vector.

Dia menambahkan bahwa vaksin virus corona Rusia yang ketiga, yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Chumakov, juga akan didaftarkan dalam waktu dekat.

Pada bulan Agustus, Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin melawan COVID-19, yang dijuluki Sputnik V yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Gamaleya.

Produk Gamaleya itu membutuhkan dua suntikan menggunakan vektor adenoviral yang berbeda guna membentuk kekebalan dari virus corona yang bisa bertahan hingga dua tahun.

Adenoviral adalah virus umum yang menyebabkan berbagai penyakit, yang dapat menyebabkan gejala seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, pneumonia, diare, dan mata merah (konjungtivitis).

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here