COVID-19 – Inisiasi global COVAX gelontorkan 6,3 miliar dolar AS untuk penyediaan vaksin

COVID-19 – Inisiasi global COVAX gelontorkan 6,3 miliar dolar AS untuk penyediaan vaksin
Ilustrasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa hingga saat ini inisiasi global untuk kesetaraan akses vaksin COVID-19, COVAX, telah menggelontorkan dana sebesar 6,3 miliar dolar AS untuk menyediakan vaksin bagi sejumlah negara di dunia. (torstensimon from Pixabay)
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa hingga saat ini inisiasi global untuk kesetaraan akses vaksin COVID-19, COVAX, telah menggelontorkan dana sebesar 6,3 miliar dolar AS untuk menyediakan vaksin bagi sejumlah negara di dunia.

Pernyataan WHO tersebut disampaikan pada pertemuan virtual COVAX AMC Engagement Group (AMC EG) yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, bersama dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada Karina Gould pada Kamis (17/3).

WHO lebih lanjut mengatakan telah melakukan kesepakatan dengan perusahaan manufaktur vaksin untuk menyediakan vaksin melawan virus corona sebanyak 2,3 miliar dosis.

Pertemuan itu membahas proyeksi alokasi vaksin dan waktu pengiriman selanjutnya bagi negara-negara AMC hingga akhir tahun 2021.

Selain itu, pertemuan AMC EG juga menggarisbawahi pentingnya mengamankan pendanaan COVAX Facility guna memenuhi kebutuhan vaksin, khususnya bagi negara berkembang dan kurang berkembang.

Kampanye untuk mendapatkan dukungan dana tambahan akan terus dilakukan di beberapa pertemuan internasional seperti G7, G20, Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan pertemuan internasional lainnya.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here