COVID-19 – Vaksin Sputnik V Rusia hampir 100 persen efisien kembangkan respon sel

COVID-19 – Vaksin Sputnik V Rusia hampir 100 persen efisien kembangkan respon sel
Ilustrasi. Efisiensi vaksin Sputnik V buatan Rusia dalam pembentukan kekebalan seluler terhadap COVID-19 mendekati 100 persen. (Steven Cornfield on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Efisiensi vaksin Sputnik V buatan Rusia dalam pembentukan kekebalan seluler terhadap COVID-19 mendekati 100 persen, kata seorang peneliti senior di laboratorium rekayasa genetika dari Institut Gamaleya pada Kamis (28/1).

“Efisiensi imunologi … melibatkan respon imun seluler dan humoral. Menurut hasil yang ada, respon imun humoral melebihi 98 persen,” kata Daria Egorova pada pertemuan online Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Imunitas humoral dimediasi oleh makromolekul yang terdapat dalam cairan ekstraseluler seperti antibodi yang disekresikan, protein komplemen, dan peptida antimikroba tertentu.

Imunitas seluler adalah proses kekebalan pelindung yang melibatkan aktivasi fagosit, sel T sitotoksik yang peka antigen, dan pelepasan sitokin dan kemokin sebagai respons terhadap antigen.

Menurut peneliti, kekebalan yang dimediasi sel mendekati 100 persen, sementara uji coba vaksin Sputnik V tidak menunjukkan efek samping.

“Kami memastikan bahwa vaksin itu sangat aman. Kami tidak mencatat satu pun efek samping serius yang terkait dengannya dan tidak ada kematian yang dapat dikaitkan dengan vaksin tersebut,” jelas Egorova.

Analisis awal terhadap data uji coba pasca-pendaftaran Sputnik V menunjukkan bahwa vaksin ini lebih dari 91 persen efektif, kata Egorova.

Sputnik V buatan Rusia adalah vaksin pertama di dunia melawan COVID-19 yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, dan terdaftar pada 11 Agustus.

Sputnik V menggunakan dua vektor berbeda untuk dua suntikan selama vaksinasi guna memberikan kekebalan dengan durasi yang lebih lama daripada vaksin yang menggunakan mekanisme pengiriman yang sama untuk kedua suntikan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here