Banner

Bank Dunia pinjamkan 150 juta dolar AS untuk investasi panas bumi Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Kamojang di Jawa Barat. (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)

Jakarta (Indonesia Window) – Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar 150 juta dolar AS untuk meningkatkan investasi panas bumi Indonesia, sebut Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) yang dikutip di Jakarta, Ahad.

Direktur Negara Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo A Chaves di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan, investasi panas bumi Indonesia dalam pinjaman ini dapat mendukung pendanaan pengeboran eksplorasi yang selama ini menjadi salah satu hambatan dalam memperluas tenaga panas bumi di Indonesia.

Banner

“Dengan mengatasi rintangan ini, Indonesia akan memanfaatkan sepenuhnya potensi panas bumi yang besar di negara ini,” kata Rodrigo Chaves.

Pinjaman ini disertai hibah sebesar 127,5 juta dolar AS dari Green Climate Fund dan Clean Technology Fund yang merupakan lembaga pendukung pembangunan ramah lingkungan.

Melalui proyek Geothermal Resource Risk Mitigation (GREM) atau Mitigasi Risiko Sumber Daya Panas Bumi, pinjaman itu akan membantu pengembang, baik sektor publik maupun swasta, dalam mengurangi risiko eksplorasi sumber daya panas bumi termasuk menutup sebagian biaya jika eksplorasi gagal.

Banner

Proyek ini juga akan membiayai bantuan teknis dan peningkatan kapasitas para pemangku kepentingan utama di sektor panas bumi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan