Banner

Bandara internasional Hong Kong catat pertumbuhan penumpang 18 kali lipat pada H1 2023

Foto dari udara yang diabadikan pada 14 Mei 2022 ini menunjukkan landasan pacu ketiga di Bandar Udara Internasional Hong Kong di Hong Kong, China selatan. (Xinhua/Bandar Udara Internasional Hong Kong)

Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) menangani 16,5 juta penumpang pada paruh pertama (H1) 2023, naik lebih dari 18 kali lipat dari basis rendah selama periode yang sama pada 2022.

 

Hong Kong (Xinhua) – Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) menangani 16,5 juta penumpang pada paruh pertama (H1) 2023, naik lebih dari 18 kali lipat dari basis rendah selama periode yang sama pada 2022, tunjuk data dari Otoritas Bandar Udara Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) pada Selasa (18/7).

Banner

HKIA menangani 3,3 juta penumpang pada Juni, atau tumbuh 6,9 persen dibandingkan throughput penumpang pada Mei. Throughput kargo dan pergerakan penerbangan mencatatkan peningkatan bulanan masing-masing sebesar 1,4 persen dan 0,7 persen ke angka 355.000 ton dan 22.365.

Dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2022, volume penumpang dan pergerakan penerbangan masing-masing meningkat lebih dari 10 kali lipat dan dua kali lipat. Semua segmen penumpang mengalami pertumbuhan yang signifikan secara tahunan (year on year), dengan lalu lintas ke dan dari Asia Tenggara, China Daratan, dan Jepang mencatatkan peningkatan paling signifikan.

Steven Yiu, direktur eksekutif operasional bandara AAHK, mengatakan lalu lintas penumpang di bandara tersebut telah pulih sekitar 60 persen dari tingkat prapandemi, dan mencapai puncak lebih dari 127.000 penumpang pada 25 Juni, rekor tertinggi sejak pandemik COVID-19.

Banner

HKIA bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan dan mitra bisnis lainnya untuk menyambut lebih banyak penumpang selama periode perjalanan musim panas, serta untuk memperkuat status bandara tersebut sebagai pusat penerbangan internasional, tutur Yiu.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan