Banner

UE sepakat akan gunakan aset Rusia yang dibekukan untuk pertahanan Ukraina

Foto yang diabadikan pada 27 Februari 2022 ini menunjukkan kepulan asap di langit Kiev, Ukraina. (Xinhua/Lu Jinbo)

Aset-aset bank sentral Rusia (Central Bank of Russia/CBR) yang dibekukan akan digunakan untuk mendukung upaya militer Ukraina.

 

Brussel, Belgia (Xinhua) – Dewan Uni Eropa (UE) pada Selasa (21/5) mengumumkan bahwa para menteri dari negara-negara anggota UE telah sepakat untuk menggunakan dana dari aset-aset bank sentral Rusia (Central Bank of Russia/CBR) yang dibekukan untuk mendukung upaya militer Ukraina.

Banner

Berdasarkan kesepakatan tersebut, 90 persen keuntungan dari aset-aset itu akan dialokasikan ke Fasilitas Perdamaian Eropa, sebuah skema pendanaan kelolaan UE yang menyediakan bantuan militer untuk Ukraina. Sepuluh persen sisanya akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas industri pertahanan dan kebutuhan rekonstruksi Ukraina.

“Hingga 3 miliar euro pada tahun ini saja, 90 persennya akan digunakan untuk militer Ukraina,” ujar Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky di platform media sosial X.

Data dari Dewan UE mencatat sekitar 260 miliar euro aset CBR telah dibekukan dalam bentuk sekuritas dan uang tunai di seluruh yurisdiksi mitra-mitra G7, UE, dan Australia. Dua pertiga lebih dari aset yang dibekukan itu disimpan di UE.

Banner

*1 euro = 17.410 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan