Banner

ASEAN pasar terbesar kedua Provinsi Zhejiang di China dalam 2 bulan pertama 2023

Foto dokumentasi tak bertanggal itu menunjukkan lini produksi karton putih bermutu tinggi beroperasi di Guangxi Jingui Pulp & Paper Co., LTD., anak perusahaan Asia Pulp & Paper Co., LTD (APP) Sinar Mas Group. (Xinhua)

ASEAN menjadi pasar perdagangan terbesar kedua bagi Provinsi Zhejiang, China timur, dengan nilai impor-ekspor mencapai 13,6 persen dari seluruh nilai impor-ekspor provinsi tersebut dengan luar negeri.

 

Hangzhou, China (Xinhua) – Menurut data yang baru dirilis oleh Bea Cukai Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China timur, dalam dua bulan pertama 2023, nilai perdagangan Zhejiang dengan pasar-pasar berkembang utama terus mengalami kenaikan. Di antaranya, Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menyalip Amerika Serikat hingga menjadi pasar perdagangan terbesar kedua bagi Zhejiang. Nilai impor-ekspor dengan ASEAN mencapai 13,6 persen dari seluruh nilai impor-ekspor provinsi tersebut dengan luar negeri.

Banner

Menurut Bea Cukai Hangzhou, sejak Januari hingga Februari, nilai impor-ekspor Provinsi Zhejiang dengan ASEAN, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Afrika masing-masing mencapai 93,77 miliar yuan, 84,34 miliar yuan, 69,28 miliar yuan, dan 50,07 miliar yuan, tingkat pertumbuhan masing-masing tercatat 7,6 persen, 4,2 persen, 1,0 persen, dan 3,4 persen, secara total berkontribusi 1,9 persen terhadap tingkat pertumbuhan keseluruhan.

Di antara semua negara ASEAN, Vietnam, Indonesia, dan Thailand menduduki peringkat tiga teratas untuk tujuan ekspor Zhejiang dengan nilai ekspor masing-masing mencapai 13,10 miliar yuan, 12,59 miliar yuan, dan 10,82 miliar yuan, serta masing-masing naik 0,9 persen, turun 3,2 persen, dan naik 2,0 persen, secara total berkontribusi 56,7 persen terhadap nilai ekspor Zhejiang ke ASEAN. Sementara itu, nilai impor Zhejiang dari Vietnam, Thailand, dan Malaysia masing-masing mencapai 5,21 miliar yuan, 4,79 miliar yuan, dan 4,53 miliar yuan, yang ketiganya mencakup 49,4 persen dalam total impor Zhejiang dari ASEAN.

Jika dilihat dari nilai total impor-ekspor, Indonesia menjadi mitra perdagangan terbesar di ASEAN untuk Provinsi Zhejiang dengan nilai impor-ekspor mencapai 23,84 miliar yuan dan naik 15,1 persen, mencakup 25,4 persen dari total nilai impor-ekspor provinsi itu dengan ASEAN.

Banner

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara asal impor terbesar di ASEAN bagi Provinsi Zhejiang dengan nilai impor mencapai 11,26 miliar yuan, naik 45,8 persen dan mencakup 38,3 persen dari nilai impor Zhejiang dari ASEAN serta berkontribusi 12,6 persen bagi pertumbuhan impor Zhejiang dari ASEAN.

Dalam dua bulan pertama 2023, nilai ekspor produk mekanis dan elektronik dari Zhejiang ke ASEAN mencapai 25,07 miliar yuan, naik 0,3 persen. Sementara itu, nilai ekspor produk industri padat karya dari Zhejiang ke ASEAN mencapai 16,63 miliar yuan, naik 3,5 persen.

Menurut Feng Chunming, diterapkannya Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) sangat mendorong perkembangan perdagangan Zhejiang dengan ASEAN. Sementara itu, Koridor Perdagangan Darat-Laut Internasional Baru dan Jalur Kereta China-Laos serta sejumlah infrastruktur yang semakin lengkap juga memperlancar perdagangan China-ASEAN.

Banner

*1 yuan = 2,227 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan