Al-Ahsa Arab Saudi oasis terbesar di dunia

Al-Ahsa Arab Saudi oasis terbesar di dunia
Oasis Al-Ahsa, di Provinsi Timur Arab Saudi, masuk dalam Rekor Dunia Guinness sebagai yang terbesar di dunia, denganlebih dari 2,5 juta pohon kurma yang hidup dari akuifer besar melalui 280 mata air artesis dan membentang di area seluas lebih dari 85,4 kilometer persegi. (Kantor Berita Arab Saudi-SPA)

Jakarta (Indonesia Window) – Oasis Al-Ahsa, di Provinsi Timur Arab Saudi, masuk dalam Rekor Dunia Guinness sebagai yang terbesar di dunia, menurut laporan Arab News yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Menurut situs jejering Guinnes, Al-Ahsa punya lebih dari 2,5 juta pohon kurma yang bergantung pada akuifer besar melalui 280 mata air artesis dan membentang di area seluas lebih dari 85,4 kilometer persegi.

Bersama dengan Al-Hijr di Al-Ula; Al-Turaif di Ad Diriyah yang bersejarah; Jeddah; dan situs seni cadas di Jubbah dan Shuaimis di Hail, Oasis Al-Ahsa masuk dalam daftar Warisan Budaya UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Al-Ahsa berkembang di lingkungan alam yang kaya dengan sejarah dan peradaban yang panjang.

Al-Ahsa juga mencakup banyak situs warisan nasional dan pemukiman manusia yang telah berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Oasis kurma yang dikelilingi pasir di sini adalah yang terbesar di dunia.

Arab Saudi telah menempati posisi kedua di kawasan Arab dalam jumlah Rekor Dunia Guinness.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here