Banner

Legenda tenis Rafael Nadal umumkan gantung raket

Bintang tenis Spanyol Rafael Nadal mengembalikan pukulan dalam pertandingan babak pertama nomor tunggal putra melawan Alexander Zverev dari Jerman pada turnamen tenis French Open di Roland Garros, Paris, Prancis, pada 27 Mei 2024. (Xinhua/Meng Dingbo)

Petenis Spanyol Rafael Nadal, yang menjuarai Grand Slam sebanyak 22 kali, telah mengumumkan akan gantung raket dari tenis profesional setelah putaran final Piala Davis pada November tahun ini.

 

Barcelona, Spanyol (Xinhua/Indonesia Window) – Petenis Spanyol Rafael Nadal, yang menjuarai Grand Slam sebanyak 22 kali, pada Kamis (10/10) mengumumkan akan gantung raket dari tenis profesional setelah putaran final Piala Davis pada November.

“Ini jelas sebuah keputusan yang sulit, keputusan yang membutuhkan waktu lama untuk saya buat. Namun dalam hidup ini, segala sesuatu memiliki awal dan akhir,” ujar petenis berusia 38 tahun itu dalam sebuah video di media sosial.

“Halo semuanya, saya di sini mengabarkan kepada Anda bahwa saya akan pensiun dari tenis profesional.”

“Kenyataannya adalah bahwa ini telah menjadi tahun-tahun yang sulit, terutama dua tahun terakhir, saya rasa saya belum bisa bermain dengan leluasa.”

“Dalam hidup ini, segala sesuatu memiliki awal dan akhir, dan saya rasa ini merupakan saat yang tepat untuk mengakhiri karier yang panjang dan jauh lebih sukses daripada yang saya bayangkan.”

“Sungguh, semua yang saya alami adalah mimpi yang menjadi kenyataan, saya pensiun dengan pikiran damai karena saya telah memberikan yang terbaik, karena saya telah berusaha dengan segala cara.”

“Saya hanya bisa mengakhiri dengan mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua orang dan sampai jumpa lagi.”

Nadal mendominasi French Open dengan rekor 14 gelar. Dia juga meraih empat gelar juara US Open dan memenangkan Australian Open dua kali. Nadal juga merupakan juara dua kali di Wimbledon.

Nadal telah menjadi salah satu sosok menonjol di tenis putra selama lebih dari satu dekade, bersama dengan Roger Federer dan Novak Djokovic disebut sebagai ‘Tiga Besar’. Atlet Spanyol itu telah menduduki peringkat No. 1 dunia tunggal putra oleh ATP selama 209 pekan, dan telah lima kali menjadi petenis No. 1 di akhir tahun.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan