Banner

Mobil listrik baru Neta bakal berkontribusi kurangi emisi karbon di Indonesia

Neta resmi meluncurkan mobil listrik barunya, Neta X, sekaligus memulai distribusi 500 unit pertama di Jakarta pada 27 September 2024. (Xinhua)

Mobil Neta X yang diluncurkan di Indonesia telah dirakit secara lokal di Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 44 persen, telah memenuhi batas minimum yang disyaratkan pemerintah.

 

Jakarta (Xinhua/Indonesia Window) – Produsen mobil listrik asal China Neta resmi meluncurkan model ketiganya untuk pasar Indonesia, Neta X, yang diharapkan berkontribusi mengurangi emisi karbon dan mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor otomotif.

Mobil listrik segmen SUV medium ini dirilis dengan dua varian dan dibanderol dengan harga antara 428 juta rupiah hingga 448 juta rupiah per unit untuk wilayah Jakarta. Neta juga telah memulai distribusi 500 unit pertama yang sudah dipesan sejak periode prapemesanan dua bulan lalu.

“Melalui Neta X, kami menghadirkan Intelligent Electric SUV dengan teknologi pintar nan inovatif yang kami targetkan untuk keluarga muda,” kata Wakil Presiden Neta Auto Alan Zhou dalam seremoni peluncuran yang berlangsung di Jakarta pada Jumat (27/9).

Plt. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Putu Juli Ardika menyebut kehadiran Neta X diharapkan berkontribusi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) domestik. Dengan demikian, langkah ini turut berkontribusi dalam penurunan emisi karbon di Indonesia.

“Dengan meningkatnya produksi EV, industri otomotif Indonesia akan terus tumbuh dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi,” kata Putu.

Seluruh mobil Neta X yang diluncurkan di Indonesia telah dirakit secara lokal di Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 44 persen, telah memenuhi batas minimum yang disyaratkan pemerintah.

Neta resmi meluncurkan mobil listrik barunya, Neta X, sekaligus memulai distribusi 500 unit pertama di Jakarta pada 27 September 2024. (Xinhua)

Mobil itu dibekali baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63,56 kWh, dengan kemampuan jarak tempuh hingga 480 kilometer hanya dalam sekali pengisian daya penuh berdasarkan hasil pengetesan NEDC. Selain itu, baterai di Neta X juga sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat (fast charging).

Kiki, salah satu konsumen pertama Neta X, mengatakan alasan utamanya membeli mobil ini karena ruang kabin yang luas dan cocok untuk kendaraan keluarga. Mobil ini memiliki panjang 4,6 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,6 meter, dengan kapasitas lima penumpang.

“Mobil ini akan saya pakai untuk antar jemput anak ke sekolah,” ujarnya saat menerima secara simbolis unit barunya.

Neta X merupakan model ketiga yang dipasarkan Neta di Indonesia setelah Neta V dan Neta V-II. Pemerintah berharap Neta juga menjadikan pabrik Indonesia sebagai basis produksi bertujuan ekspor.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan