Banner

Fokus Berita – SCO perkuat kerja sama pertanian China-Asia Tengah

Para petani memanen gandum di sebuah ladang di Desa Turgen, Wilayah Akmola, Kazakhstan, pada 9 September 2020. (Xinhua/Kalizhan Ospanov)

Taman percontohan iptek pertanian China-Kazakhstan adalah salah satu dari delapan kawasan serupa yang didirikan oleh Northwest A&F University di luar negeri di bawah kerangka kerja SCO serta Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

 

Xi’an, China (Xinhua) – Sebuah peta Asia Tengah tergantung di dinding kantor Profesor Zhang Zhengmao di Northwest A&F University. Selama bertahun-tahun, dia menandai titik-titik di peta tersebut sebagai pengingat akan perjalanan yang pernah dilaluinya.

Sejauh ini, Zhang telah mengunjungi 10 daerah di Kazakhstan, meninggalkan jejak uniknya dalam memajukan kerja sama pertanian antara China dan Kazakhstan di bawah kerangka Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO).

Sebagai salah satu negara pengekspor biji-bijian utama di dunia, Kazakhstan memiliki tanah yang subur serta sumber daya cahaya dan panas yang melimpah, menjadikannya lokasi yang tepat untuk budi daya gandum, kata Zhang.

Namun, gandum lokal tidak memiliki ketahanan terhadap penyakit dan hama, sementara para ahli China telah mendedikasikan penelitian yang signifikan untuk mengatasi masalah ini. China adalah pasar penting bagi ekspor gandum Kazakhstan, dan keuntungan yang saling melengkapi antara kedua negara tersebut membuat kerja sama mereka menjadi sebuah keharmonisan yang alami, katanya.

Zhang mengunjungi Kazakhstan untuk pertama kalinya pada 2017 guna berpartisipasi dalam proyek pembangunan taman percontohan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pertanian China-Kazakhstan.

Guna membudidayakan varietas yang lebih tepat untuk Kazakhstan, timnya berkolaborasi dengan unit pemuliaan dari Gansu dan Xinjiang di China barat laut. Melalui serangkaian percobaan, dengan cermat mereka memilih varietas yang menunjukkan keunggulan signifikan dalam hal jumlah biji per batang gandum, berat per 1.000 biji (thousand kernel weight/TKW), dan kekenyalan.

“Varietas benih berkualitas tinggi yang disediakan oleh China meningkatkan hasil panen dan kualitas gandum Kazakhstan, dan produknya juga diterima dengan baik oleh konsumen China,” kata Azbai, wakil manajer umum sebuah kawasan logistik dan pengolahan produk pertanian di Kazakhstan.

Taman percontohan iptek pertanian China-Kazakhstan adalah salah satu dari delapan kawasan serupa yang didirikan oleh Northwest A&F University di luar negeri di bawah kerangka kerja SCO serta Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

Contoh lainnya adalah pendirian taman percontohan teknologi pemuliaan buah China-Kirgizstan. Profesor Zhang Dong dari Northwest A&F University telah mendedikasikan hampir tujuh tahun untuk proyek ini, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi apel, mengingat tingginya popularitas buah ini di kalangan masyarakat setempat.

Meskipun Kirgizstan memiliki iklim musim panas yang panas dan kering, bibit apel yang dibudidayakan dan dipilih oleh tim Zhang memiliki efisiensi penggunaan air dan tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih tinggi dibandingkan bibit konvensional. Hasil panen apel setempat pun kemudian melonjak lebih dari 300 kilogram per mu (1 mu = 0,067 hektare).

Arus teknisi dan pelajar mengalir dua arah antara China dan Asia Tengah di sepanjang Jalur Sutra.

Maksat Batyrbek, seorang mahasiswa Kazakhstan di Northwest A&F University, datang ke China untuk menuntut ilmu pada 2017. Batyrbek baru saja menyelesaikan studinya pada Juni, yang terutama berfokus pada dampak pemupukan terhadap mikroorganisme tanah, daun jagung, dan rimpang, dan sebentar lagi dia akan pulang ke kampung halamannya.

“Ini semua adalah arah penelitian yang berkaitan erat dengan pertanian Kazakhstan. Saya berharap dapat memperluas pemikiran saya dan memajukan penelitian saya sendiri dengan mempelajari model serta teknologi pertanian China,” kata Batyrbek.

Bagi para profesional pertanian, terdapat juga potensi besar dalam kerja sama di bawah kerangka SCO.

Didirikan di Yangling, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 2019, Pusat Percontohan untuk Pertukaran dan Pelatihan Teknologi Pertanian SCO telah melatih 2.200 lebih pejabat dan teknisi pertanian dari negara-negara anggota SCO. Fasilitas ini juga telah menyelenggarakan berbagai perkuliahan teknologi pertanian yang telah menarik lebih dari 40.000 peserta daring.

Chen Wei, lektor kepala di Fakultas Ekonomi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan di Universitas Renmin China, percaya bahwa meningkatkan pertukaran dan kerja sama pertanian di antara negara-negara anggota SCO dapat membantu menjaga kelancaran rantai industri dan pasokan, memastikan ketahanan pangan regional dan global, serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam upaya pengentasan kemiskinan global.

“Di masa depan, model investasi pertanian yang lebih beragam, penyelarasan kebijakan pertanian dan pedesaan yang lebih erat, serta inovasi iptek kolaboratif yang lebih konkret akan terus membuka potensi pembangunan pertanian yang berkelanjutan,” kata Chen.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

Iklan