Banner

AS siap jadi pengekspor bersih minyak mentah pada 2023

Sejumlah derek minyak beroperasi di Three Rivers, Texas, Amerika Serikat, pada 24 Februari 2022. (Xinhua/Nick Wagner)

Ekspor minyak mentah AS saat ini mencapai rekor 3,4 juta barel per hari (barrel per day/bpd), dengan sekitar 3 juta bpd produk olahan seperti bensin dan minyak solar.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Amerika Serikat (AS) telah menjadi kekuatan pengekspor minyak mentah global selama beberapa tahun terakhir, tetapi ekspornya tidak pernah melebihi impornya sejak Perang Dunia II.

Banner

Penjualan minyak mentah AS ke negara lain saat ini mencapai rekor 3,4 juta barel per hari (barrel per day/bpd), dengan ekspor sekitar 3 juta bpd produk olahan seperti bensin dan minyak solar. Amerika Serikat juga merupakan pengekspor gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) terkemuka, yang pertumbuhannya diperkirakan akan melonjak di tahun-tahun mendatang.

Di sisi lain, AS mengonsumsi 20 juta barel minyak mentah sehari, terbanyak di dunia, dan produksinya tidak pernah melebihi 13 juta barel per hari.

Bulan lalu, data pemerintah AS menunjukkan impor minyak mentah bersih negara ini turun menjadi 1,1 juta barel per hari (bpd), terendah sejak pencatatan dimulai pada tahun 2001. Angka ini turun tajam dari lima tahun lalu, ketika Amerika Serikat mengimpor lebih dari 7 juta barel per hari.

Banner

Faktor-faktor yang mengubah persamaan itu tahun ini termasuk sanksi yang merugikan ekspor minyak dan gas alam Rusia menyusul invasinya ke Ukraina, dan pengeluaran besar-besaran minyak Washington dari cadangan darurat untuk memerangi lonjakan harga bensin.

“Invasi Rusia ke Ukraina telah mendorong permintaan baru untuk energi AS dan harus mendorong ekspor minyak di atas impor akhir tahun depan dengan asumsi produksi serpih meningkat,” kata Rohit Rathod, analis pasar di peneliti energi Vortexa.

Untuk menjadi pengekspor bersih minyak mentah, Amerika Serikat perlu meningkatkan produksi atau mengurangi konsumsi. Permintaan minyak AS diperkirakan naik 0,7 persen menjadi 20,51 juta barel per hari tahun depan, sehingga berarti produksi harus naik.

Banner

Amerika Serikat sudah menghasilkan lebih banyak minyak daripada negara lain mana pun di dunia termasuk Arab Saudi dan Rusia. Namun, ladang serpih AS menua dan pertumbuhan produksi tahun ini lamban. Output keseluruhan harus mencapai rekor 12,34 juta barel per hari tahun depan – tetapi hanya jika harga cukup menguntungkan untuk mendorong pengebor minyak memompa lebih banyak.

Pengilangan Eropa telah mengambil kelas AS untuk mengimbangi hilangnya minyak Rusia, dan dengan diskon minyak mentah AS yang lebih dalam ke tolok ukur global, pengilangan Asia telah meningkatkan pembelian menjadi 1,75 juta barel per hari, kata perusahaan analisis data Kpler.

Operator terminal ekspor bergegas meningkatkan kapasitas mereka untuk melayani kapal tanker raksasa yang dapat mengangkut lebih dari 2 juta barel minyak dengan lebih baik.

Banner

Rusia telah terbukti menjadi pemasok yang tidak dapat diandalkan,” kata Sean Strawbridge, kepala eksekutif fasilitas ekspor minyak terbesar AS, Port of Corpus Christi. “Itu benar-benar menciptakan peluang bagus bagi produsen Amerika dan energi Amerika.”

Corpus Christi dapat melihat peningkatan ekspor 100.000 bpd tahun depan, kata Strawbridge, di atas rekor pengiriman kuartal ketiga sebesar 2,2 juta bpd pada kuartal terakhir.

Analis mengatakan ekspor bersih dapat berkurang jika banyak negara di seluruh dunia jatuh ke dalam resesi, menghambat permintaan, dan jika pelonggaran sanksi lebih lanjut terhadap minyak mentah Venezuela meningkatkan pengiriman negara tersebut.

Banner

LNG mencapai rekor

Amerika Serikat menjadi pengekspor gas alam cair terbesar di dunia selama paruh pertama tahun 2022, melampaui Qatar dan Australia, didukung oleh permintaan dari Eropa dan harga yang melonjak.

Ekspor LNG kemungkinan akan terus meningkat hingga 2023 karena Eropa berebut untuk mengisi ulang penyimpanan yang habis musim dingin ini, kata Matt Smith, analis di Kpler.

Ekspor produk penyulingan turun karena penutupan pabrik dan permintaan konsumen yang lebih rendah. AS mengekspor rata-rata 3,1 juta barel per hari bahan bakar hingga September tahun ini, menurut data Administrasi Informasi Energi AS (EIA), turun dari 3,2 juta barel per hari pada periode yang sama tahun 2019.

Banner

Satu pengecualian untuk itu adalah diesel, di mana ekspor naik ke level tertinggi tiga tahun pada Juli sebesar 1,3 juta barel per hari, data Kpler menunjukkan. Larangan Eropa yang akan datang terhadap bahan bakar Rusia telah mendorong pengiriman diesel ke Eropa rata-rata 330.000 barel per hari dalam 15 hari pertama bulan Desember, lebih dari lima kali lipat rata-rata bulanannya sepanjang tahun ini.

Sumber: Reuters

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan