Banner

Indonesia targetkan tarik 1,5 juta wisatawan China pada 2024

Foto dari udara yang diabadikan pada 24 Desember 2023 ini memperlihatkan pemandangan Pantai Nusa Dua di Bali, salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia. (Xinhua/Xu Qin)

Wisatawan China di Indonesia menghabiskan waktu tinggal yang cukup lama, sekitar 5 hingga 7 hari, dan lebih menyukai kegiatan petualangan, alam, dan budaya.

 

Jakarta (Xinhua) – Pemerintah Indonesia menargetkan untuk menarik 1 hingga 1,5 juta kunjungan wisatawan dari China pada 2024, lapor media setempat pada Ahad (21/1).

Banner

“Tahun lalu, kaum muda mendominasi jumlah wisatawan China, sekitar 65 persen. Mereka menghabiskan waktu tinggal yang cukup lama, sekitar 5 hingga 7 hari, dan lebih menyukai kegiatan petualangan, alam, dan budaya,” ujar Direktur Pemasaran Pariwisata Regional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wisnu Sindhutrisno di Bali pada Sabtu (20/1).

Seorang pekerja menyiapkan kayu bakar untuk mengasapi irisan ikan lele di sebuah pabrik tradisional di Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada 10 Januari 2024. Pabrik tradisional di Bogor ini memproduksi hingga 500 kilogram (kg) ikan lele iris asap setiap harinya untuk konsumsi domestik serta untuk ekspor ke Malaysia dan Nigeria. (Xinhua/Agung Kuncahya B.)

“Mereka datang ke sini tidak hanya pada saat peak season, tetapi juga pada saat low season. Kedatangan para wisatawan ini diharapkan dapat memberikan pemerataan manfaat pariwisata di Indonesia,” imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa sebagai upaya untuk mencapai target 2024 tersebut, pemerintah memprioritaskan untuk mempromosikan program-program ke China yang berkaitan dengan desa, penginapan (homestay), dan beberapa destinasi yang dikelola oleh masyarakat di desa-desa.

Banner

“Di Yogyakarta, misalnya, kami memiliki (industri) pembuatan cokelat dan (kegiatan) memandikan kerbau. Kami ingin mengundang mereka untuk merasakan kegiatan-kegiatan pariwisata tersebut,” kata Wisnu, seraya menambahkan bahwa promosi pariwisata kepada pemerintah China akan diperkuat.

Wisatawan China di Indonesia
Foto yang diabadikan menggunakan drone pada 10 Januari 2024 ini menunjukkan kawanan burung kuntul sedang bertengger di atas pohon bakau yang berada di Lhokseumawe, Provinsi Aceh. (Xinhua/Fachrul Reza)

Saat ini, terdapat 13 maskapai yang telah membuka penerbangan langsung dari China ke Indonesia dan sebaliknya.

Pemerintah Indonesia telah berjanji untuk bekerja sama dengan beberapa pemain industri pariwisata utama di China guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan konektivitas transportasi udara.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan