Banner

Trump akan umumkan pencalonan presiden 2024 pekan depan

Donald Trump, yang kala itu menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS), melambaikan tangan saat meninggalkan Gedung Putih untuk berangkat menuju Mar-a-Lago Estate di Florida usai menandatangani RUU pemangkasan pajak menjadi undang-undang di Washington DC, AS, pada 22 Desember 2017. (Xinhua/Yin Bogu)

Donald Trump akan mengumumkan pekan depan bahwa dia akan kembali mencalonkan diri menjadi presiden pada pemilihan Gedung Putih 2024.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Donald Trump akan mengumumkan pekan depan bahwa dia akan kembali mencalonkan diri menjadi presiden pada pemilihan Gedung Putih 2024, kata penasihat Jason Miller pada Jumat (11/11).

Banner

Mantan presiden yang akan berusia 78 tahun ketika pemilihan berikutnya diadakan itu telah mengisyaratkan pencalonan dirinya saat berkampanye untuk kandidat Partai Republik menjelang pemilihan paruh waktu pekan ini, dan mengatakan dia akan membuat “pengumuman yang sangat besar” pada 15 November.

“Presiden Trump akan mengumumkan pada hari Selasa bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden,” kata Miller kepada mantan ajudan Trump Steve Bannon di podcast ‘War Room’ yang populer.

“Ini akan menjadi pengumuman yang sangat profesional, sangat tertutup,” tambahnya.

Banner

Miller menyampaikan bahwa Trump mengatakan kepadanya, “Tidak perlu ada keraguan, tentu saja saya akan mencalonkan diri.”

Pencalonan Trump akan menandai upaya ketiganya di kursi kepresidenan, termasuk kekalahannya dari Joe Biden pada tahun 2020. Setelah itu dia menyampaikan klaim penipuan yang tidak berdasar, termasuk yang menyebabkan kerusuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya di U.S. Capitol di Washington.

Pengumuman besar Trump di Florida itu muncul setelah hasil yang mengecewakan untuk beberapa kandidat yang dia dukung saat pemilihan paruh waktu.

Banner

Beberapa favorit pilihannya bahkan kehilangan kursi yang dipegang Partai Republik dari Demokrat.

Di Pennsylvania, Demokrat membalik kursi Senat AS yang sangat berharga dengan serangan terus-menerus terhadap dokter selebriti yang didukung Trump, Mehmet Oz, yang belum pernah memegang jabatan publik sebelumnya dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tinggal di New Jersey.

Trump berharap untuk menunggangi ‘gelombang merah’ Partai Republik yang akan mendorongnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi, namun partai tersebut mencapai kemenangan yang jauh lebih kecil daripada yang diperkirakan.

Banner

Dengan 211 kursi sejauh ini, Partai Republik tampaknya siap untuk mengamankan mayoritas tipis di Dewan Perwakilan Rakyat yang memiliki 435 kursi. Namun, kendali Senat dapat turun ke limpasan awal Desember di negara bagian Georgia tenggara.

Sekutu media utama mantan presiden itu – kerajaan media yang kuat dari miliarder konservatif Rupert Murdoch – bahkan menyerangnya setelah jajak pendapat.

Menunjuk pada pemilihan paruh waktu partai yang mengecewakan, The Wall Street Journal, unggulan dari Murdoch’s News Corp., menyatakan dalam sebuah editorial pada Kamis (10/11) bahwa “Trump Adalah Pecundang Terbesar Partai Republik.”

Banner

Sampul tabloid New York Post menggambarkan Trump di dinding genting sebagai “Trumpty Dumpty” yang “telah jatuh dengan keras.”

Namun demikian, lebih dari 100 kandidat Partai Republik yang menantang hasil pemilihan presiden 2020 memenangkan perlombaan masing-masing.

Masuknya Trump lebih awal ke dalam persaingan tampaknya dirancang sebagian untuk menangkis kemungkinan tuduhan kriminal karena mengambil dokumen rahasia dari Gedung Putih, upayanya untuk membatalkan pemilihan 2020, dan serangan terhadap U.S. Capitol oleh para pendukungnya pada 6 Januari tahun lalu.

Banner

Langkah Trump ini mungkin juga dimaksudkan untuk melemahkan saingan potensial utamanya untuk pencalonan presiden dari Partai Republik, Gubernur Florida Ron DeSantis, yang muncul sebagai salah satu pemenang terbesar dalam pemilihan paruh waktu.

Sumber: AFP; Al Arabiya English

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan