Taiwan pastikan rantai pasokan industri elektronik global tak putus

Taiwan pastikan rantai pasokan industri elektronik global tak putus
Kompleks industri Taiwan, Hsinchu National Park. (Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei-TETO)

Jakarta (Indonesia Window) – Masa pandemik yang mengharuskan semua orang tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak satu sama lain menegaskan peran teknologi semikonduktor yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, karena semua hal harus dilakukan secara virtual dengan teknologi digital.

Namun, dengan pembatasan sosial di segala aspek kehidupan, industri semikonduktor dunia berada di bawah ancaman.

Belum lagi dengan munculnya ‘Perang Dingin Baru’ antara Amerika Serikat dan China yang telah mengganggu rantai produksi dan distribusi, serta pasar produk teknologi digital.

Di tengah ketidakpastian global tersebut Taiwan memastikan bahwa rantai pasokan industri elektronik global tidak akan mengalami krisis dan terputus.

Dalam industri hulu, tengah dan hilir semikonduktor global, mulai dari Original Equipment Manufacturer (OEM) hingga pengemasan dan pengujian, serta industri desain dan memori intergrated circuit (IC), Taiwan tidak hanya memiliki kawasan industri semikonduktor terlengkap di dunia dan tenaga kerja profesional, tapi juga pangsa pasar global yang sangat baik di setiap industri.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh organisasi penelitian TrendForce pada Desember 2019, pangsa pasar global Taiwan di industri OEM wafer semikonduktor mencapai 63 persen, menempati peringkat pertama di dunia.

Perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) adalah yang terbesar dalam manufaktur produk wafer di dunia.

Lebih dari separuh wafer semikonduktor yang digunakan dalam teknologi militer modern, teknologi luar angkasa, ponsel pintar, mobil tanpa pengemudi, atau asisten suara cloud cerdas adalah ‘Made in Taiwan’.

Industri pengemasan dan pengujian Taiwan juga menempati urutan pertama di dunia, dan industri desain IC-nya menempati urutan kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Menurut statistik pada kuartal kedua tahun 2020, 4 dari 10 pabrik wafer top dunia adalah perusahaan Taiwan, yakni TSMC, UMC, World Vanguard, dan Powerchip.

Sementara itu, 6 dari 10 pabrik pengemasan dan pengujian teratas dunia juga berada di Taiwan, yakni ASE, Siliconware, Powertech, KYEC, Chipmos, Hsinbong, dan di antara 10 perusahaan desain IC teratas di dunia, 3 dari mereka berasal dari Taiwan, yaitu MediaTek, Novatek, dan Realtek.

Sumber: Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) 

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here