Pejabat Yordania sebut KTT Media Dunia hadirkan peluang untuk media digital

Orang-orang menyaksikan pertunjukan drone di Distrik Nansha, Guangzhou, Provinsi Guangdong, China selatan, pada 2 Desember 2023. (Xinhua/Liang Xu)

Revolusi media dan telekomunikasi membuat media, khususnya media sosial, memiliki peran besar untuk dimainkan dan membawa dampak terhadap berbagai keputusan global.

 

Amman, Yordania (Xinhua) – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media Dunia (World Media Summit/WMS) kelima yang sedang berlangsung menghadirkan “peluang emas” untuk “mencapai jalan terbaik dalam menggunakan media digital,” tutur Jamil Ghadaireh Al-Baramawi, Direktur Pengembangan dan Pelatihan Kelembagaan di kantor berita pemerintah Yordania Petra.

Di tengah akselerasi revolusi media dan telekomunikasi, media, khususnya media sosial, memiliki peran besar untuk dimainkan dan dampak terhadap berbagai keputusan global, kata Al-Baramawi kepada Xinhua dalam sesi wawancara baru-baru ini.

Al-Baramawi meyakini bahwa revolusi tersebut harus dimanfaatkan untuk mencapai pemulihan hubungan antara masyarakat dan peradaban, serta masa depan dunia.

“KTT ini akan memungkinkan pertukaran pengalaman sukses dalam menggunakan teknologi emerging untuk melawan rumor dan informasi yang keliru, serta menyampaikan kebenaran kepada masyarakat,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa KTT ini selama beberapa tahun terakhir memang telah membantu dan mendorong outlet media untuk berbagi praktik terbaik serta keahlian mereka.

Mengenai peningkatan kerja sama media, Al-Baramawi mengungkapkan bahwa KTT ini memainkan peran penting dalam menyatukan berbagai sudut pandang yang berbeda.

“Mengingat kondisi global saat ini, outlet media harus bersatu serta memahami masalah maupun tantangan yang mereka alami dan bersama-sama mencari solusi yang dapat membantu umat manusia,” tuturnya.

KTT tahun ini, yang diselenggarakan oleh Kantor Berita Xinhua, akan mencapai kesuksesan besar yang dibangun di atas kesuksesan sebelumnya dalam membantu meningkatkan koordinasi di antara berbagai outlet media, ungkap Al-Baramawi.

Berbicara tentang kantor berita pemerintah Yordania, Al-Baramawi mengatakan Petra bangga atas kemitraannya dengan semua kantor berita, baik di tingkat Arab atau global.

“Kerja sama antara Petra dan Xinhua akan memperkuat hubungan bilateral keduanya dan memfasilitasi pertukaran berita,” imbuhnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan