Presiden bertolak ke Jepang hadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana bertolak ke Jepang untuk menghadiri KTT G7, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Sekretariat Kabinet RI)

Konferensi Tingkat Tinggi G7 akan membahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya, kata presiden, seraya menambahkan Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi dan delegasi terbatas berangkat menuju Hiroshima, Jepang, Jumat, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Jumat sesaat sebelum lepas landas.

Konferensi Tingkat Tinggi G7 akan membahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya, kata presiden, seraya menambahkan Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

“Indonesia akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi menyebut bahwa beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo juga akan dibawa oleh presiden.

“Berkaitan dengan Myanmar misalnya,” imbuhnya.

Selain menghadiri pertemuan KTT G7, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Presiden juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Presiden Joko Widodo dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB. Presiden direncanakan tiba kembali di tanah air pada Ahad, 21 Mei 2023.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Jepang yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Turut melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan rombongan yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan