Petronas Malaysia tawarkan 13 blok cekungan sangat produktif

Petronas Malaysia tawarkan 13 blok cekungan sangat produktif
Ilustrasi. Petroliam Nasional Bhd (Petronas) akan menawarkan 13 blok eksplorasi lepas pantai di Malaysia pada peluncuran Malaysia Bid Round (MBR) 2021. (Kristina Kasputienė from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Petroliam Nasional Bhd (Petronas) akan menawarkan 13 blok eksplorasi lepas pantai di Malaysia pada peluncuran Malaysia Bid Round (MBR) 2021 pada 26 Februari, menurut Kantor Berita Bernama.

Perusahaan minyak nasional Malaysia tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat, bahwa tawaran tersebut mencakup enam lapangan yang ditemukan dengan insentif bagi investor yang melakukan kegiatan eksplorasi lebih luas di dalam blok itu.

MBR tahun ini juga menawarkan empat blok perairan dalam yang berdekatan dengan pantai Sarawak dan Sabah yang menjadi tempat penemuan eksplorasi terkemuka dalam beberapa tahun terakhir.

Petronas mengatakan peluncuran MBR 2021 akan diadakan secara virtual di Kuala Lumpur dan disiarkan langsung  di Amerika Utara, Inggris dan Eropa, serta Asia Pasifik.

Bertema ‘Kembangkan Portofolio Energi Anda Bersama Kami’, MBR 2021 bertujuan untuk menarik investor dengan kemampuan unik guna membuka potensi penuh sumber daya hidrokarbon di Malaysia.

Wakil Presiden Senior Manajemen Perminyakan Malaysia, Mohamed Firouz Asnan, mengatakan MBR 2021 akan menampilkan peningkatan signifikan yang mencakup area blok yang lebih besar ditambah dengan pilihan tawaran yang fleksibel dan biaya masuk yang rendah.

“Kami juga akan menawarkan persyaratan fiskal yang relatif baru untuk diterapkan dalam kontrak bagi hasil seperti peningkatan profitabilitas untuk blok perairan dangkal, Aset Usia Lanjut dan Aset Lapangan Kecil yang dirancang untuk menyesuaikan risiko dan manfaat investasi dengan jenis aset yang tersedia,” terangnya.

“Ketentuan-ketentuan ini dirumuskan berdasarkan masukan dari para pelaku industri, dengan mempertimbangkan kondisi pasar, yang semakin memperkuat posisi Malaysia sebagai hub migas di pasar Asia Tenggara yang tumbuh dan berkembang,” ujar Firouz.

Selain persyaratan fiskal yang lebih baik, Malaysia juga menawarkan konektivitas jaringan melalui infrastruktur kelas dunia yang mapan, yang memungkinkan kemudahan monetisasi, imbuhnya.

MBR adalah acara penawaran tahunan yang diselenggarakan oleh Petronas, yang menawarkan calon investor berbagai peluang bisnis migas, mulai dari blok eksplorasi, sumber daya yang ditemukan hingga aset usia lanjut serta peluang menumbuhkan portofolio energi dan menciptakan nilai.

MBR tahun ini berfokus pada blok eksplorasi, serta peluang di sekitar aset usia lanjut dan ladang kecil dan tersedia secara progresif sepanjang tahun.

Petronas mengatakan bahwa selain menerbitkan dan mengelola pengaturan perminyakan di Malaysia, perusahaan ini juga memainkan perannya sebagai pembentuk industri minyak dan gas negara dan penawar investasi dengan memberikan pengawasan pada kegiatan hulu perminyakan di Malaysia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here