Banner

SGMW luncurkan mobil listrik Wuling Air EV di Indonesia, targetkan 10.000 unit/tahun

Kendaraan listrik Wuling Air EV pada acara peluncuran di pabrik produksi Wuling di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (8/8/2022). (Xinhua/Xu Qin)

Kapasitas produksi Wuling Air EV di pabrik tersebut ditargetkan mencapai 10.000 unit per tahun, baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

 

Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Produsen otomotif terkemuka China SAIC-GM-Wuling (SGMW) melalui unit lokalnya, SGMW Motor Indonesia (Wuling), pada Senin (8/8) meluncurkan produksi kendaraan listrik Wuling Air EV di Indonesia.

“Air EV merupakan versi terbaru kendaraan listrik berbasis baterai yang diproduksi oleh SGMW untuk dunia, dan Indonesia menjadi stasiun (peluncuran) pertama,” kata Presiden Direktur Wuling Shi Guoyong pada acara peluncuran di pabrik produksi Wuling di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Kapasitas produksi Wuling Air EV di pabrik tersebut ditargetkan mencapai 10.000 unit per tahun, baik untuk pasar mobil listrik domestik maupun ekspor, menurut direktur merek dan pemasaran perusahaan Dian Asmahani. Daftar harga spesifik untuk mobil listrik itu akan segera diumumkan.

Banner
mobil wuling air ev
Peluncuran Wuling Air EV di pabrik produksi Wuling di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (8/8/2022). (Xinhua/Xu Qin)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto turut menghadiri acara peluncuran tersebut dan mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi kinerja Wuling.

Menko perekonomian itu menyebut bahwa Air EV dengan teknologi terkininya yang dibawa Wuling ke Indonesia akan mendukung strategi pemerintah untuk menerapkan penghematan energi, pengurangan emisi, dan perlindungan lingkungan.

mobil wuling air ev
Deretan kendaraan listrik Wuling Air EV di pabrik produksi Wuling di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (8/8/2022). (Xinhua/Xu Qin)

“Peluncuran Air EV ini mendorong perubahan besar pada seluruh rantai industri otomotif Indonesia, mulai dari penelitian dan pengembangan produk, produksi, hingga pemasaran, dan lain-lain, dan juga mendorong pesatnya perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Airlangga.

Banner

Dia menambahkan bahwa Wuling Air EV akan digunakan sebagai salah satu mobil resmi untuk KTT G20 yang akan digelar di Bali pada November mendatang.

SGMW menginvestasikan 1 miliar dolar AS (sekitar 14,8 triliun rupiah) pada 2015 untuk membangun kawasan industri otomotif seluas 60 hektare di Bekasi, sebagai basis produksi otomotif untuk pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Data menunjukkan, pada Juni 2022 Wuling telah memiliki 140 dealer di Indonesia, dengan total enam jenis kendaraan yang diproduksi dan dijual di tanah air.

Banner

*1 dolar AS =  14.904 rupiah

 

Sumber: Xinhua

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan