Pelabuhan Patimban mulai ekspor-impor Desember

Pelabuhan Patimban mulai ekspor-impor Desember
Pelabuhan baru Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat akan memulai layanan ekspor dan impor pada Desember 2020. (Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pelabuhan baru Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat akan memulai layanan ekspor dan impor pada Desember 2020, menurut Sekretariat Negara Selasa.

Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan semua infrastruktur transportasi termasuk pelabuhan Patimban, yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional, kata menteri dalam dialog publik virtual pada Senin (16/11).

“Pelabuhan Patimban pertama kali akan dioperasikan pada Desember sebagai terminal mobil ekspor dan impor otomotif, selain untuk mengembangkan infrastruktur lebih lanjut pada tahap selanjutnya,” kata Budi Karya.

Pelabuhan Patimban saat ini sedang dalam proses penyelesaian tahap pertama pembangunan terminal peti kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 250.000 setara duapuluh kaki (TEUs) dan terminal otomotif seluas 25 hektar yang dapat menampung 21.000 mobil built up (CBU), katanya.

Ruas yang sudah siap pakai adalah dermaga kendaraan berukuran 350 meter x 33 meter dengan kapasitas 21.000 mobil CBU, ujarnya seraya menambahkan jalan akses sepanjang 8,2 kilometer dari jalan raya utama juga sudah selesai.

Menteri mengatakan pada 2021 terminal peti kemas seluas 66 hektare dengan kapasitas kumulatif 3,75 juta TEUs dan terminal mobil dengan kapasitas kumulatif 600.000 mobil CBU serta terminal RoRo (roll-on/roll-off) sepanjang 200 meter akan dibangun.

“Dalam jangka panjang hingga 2027, Patimban akan menjadi pelabuhan besar bagi kegiatan ekspor dan logistik industri otomotif Indonesia yang diharapkan dapat mempertajam daya saing Indonesia dalam perekonomian global,” kata Budi Karya

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here