China rilis regulasi perdagangan emisi karbon

Foto dari udara yang diabadikan pada 24 Februari 2023 ini memperlihatkan pusat pers Forum Boao untuk Asia (Boao Forum for Asia/BFA) yang telah direnovasi di zona peragaan bebas karbon di Boao, Provinsi Hainan, China selatan. (Xinhua/Yang Guanyu)

Pasar perdagangan emisi karbon nasional mulai beroperasi pada Juli 2021, menandai tonggak penting dalam mencapai target pengurangan emisi China.

 

Beijing, China (Xinhua) – Perdana Menteri (PM) China Li Qiang menandatangani sebuah dekret Dewan Negara China, meluncurkan regulasi baru yang mengatur perdagangan emisi karbon.

Berlaku pada 1 Mei 2024, regulasi itu bertujuan untuk memberikan kerangka hukum bagi operasi pasar perdagangan emisi karbon China dan memastikan efektivitas kebijakan-kebijakan terkait.

Regulasi tersebut berfokus pada alokasi tanggung jawab, menetapkan departemen ekologi dan lingkungan hidup Dewan Negara China untuk mengawasi dan mengelola perdagangan emisi karbon.

Regulasi itu menguraikan rincian termasuk produk-produk yang memenuhi syarat untuk diperdagangkan, metode perdagangan, dan distribusi kuota emisi karbon.

Regulasi tersebut juga menekankan perlunya penguatan tindakan keras terhadap pemalsuan data.

Pasar perdagangan emisi karbon
Foto dari udara yang diabadikan pada 1 Agustus 2023 ini menunjukkan pemandangan Taman Renmin di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan. Dalam beberapa tahun terakhir, Haikou telah memulai perjalanan pembangunan hijau, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi melalui pembangunan sejumlah taman lahan basah dengan sejumlah proyek pemeliharaan air ekologis, mendorong pembangunan teluk yang indah dan mengembangkan sistem pengelolaan lingkungan modern. (Xinhua/Yang Guanyu)

Pasar perdagangan emisi karbon nasional mulai beroperasi pada Juli 2021, menandai tonggak penting dalam mencapai target pengurangan emisi negara itu.

China menargetkan untuk mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan