Ornamen emas ditemukan di makam kuno di Shaanxi, China

Ornamen emas ditemukan di makam kuno di Shaanxi, China
Ilustrasi. (Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Para arkeolog baru-baru ini menggali enam makam kuno dan menemukan sejumlah peninggalan budaya di Kota Xianyang, Provinsi Shaanxi, China bagian barat laut.

Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Kota Xianyang mengatakan enam makam itu terletak di Desa Ta’erpo, tiga di antaranya berasal dari Dinasti Qin (221 SM-207 SM), satu berasal dari Dinasti Han Barat (202 SM). -25 M), dan dari Dinasti Han Timur (25-220 M).

Direktur Institut Xie Gaowen mengatakan bahwa makam tersebut ditemukan di area pemakaman Kota Xianyang dari Dinasti Qin, di mana ratusan makam Qin telah ditemukan sebelumnya.

Xie mencatat bahwa para arkeolog menggali barang-barang penting dari satu makam Qin, termasuk barang-barang yang terbuat dari perunggu, ornamen emas, ornamen kerang, dan tembikar.

“Jarang melihat sekelompok sembilan ornamen emas murni ditemukan di satu makam Qin,” kata Xie, menambahkan bahwa ornamen hemispherical terbesar berukuran diameter 1,1 cm, dan pola tetesan air, lingkaran, manik-manik, dan tali yang indah ditemukan pada ornamen.

Berdasarkan ukuran ornamen dengan gesper di bagian belakang, ini mungkin ornamen untuk pakaian, menurut Xie.

Para arkeolog mengatakan bahwa tali dan manik-manik yang dilas di permukaan ornamen emas menunjukkan bahwa orang Qin telah menguasai teknik pengelasan selama periode itu.

Sumber: Kantor Berita Xinhua

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here