Banner

Nilai mata uang Lebanon capai rekor terendah sepanjang masa

Setumpuk uang kertas pound Lebanon terlihat di sebuah layanan penukaran uang di Tripoli, Lebanon, pada 14 Maret 2023, saat nilai tukar pound Lebanon mencapai rekor terendah baru dalam sejarah, yakni 100.000 pound untuk satu dolar AS. (Xinhua/Khaled Habashiti)

Nilai mata uang Lebanon pada Selasa (14/3) jatuh ke angka 100.000 pound Lebanon per satu dolar AS untuk pertama kalinya dalam sejarah saat krisis keuangan dan kebuntuan politik di negara itu terus berlanjut.

 

Beirut, Lebanon (Xinhua) – Nilai mata uang Lebanon pada Selasa (14/3) jatuh ke angka 100.000 pound Lebanon per satu dolar AS untuk pertama kalinya dalam sejarah saat krisis keuangan dan kebuntuan politik di negara itu terus berlanjut.

Banner

Nilai mata uang negara itu turun 8.000 pound dari dua pekan sebelumnya, yang ketika itu berada di angka 92.000 pound per satu dolar AS.

Pada 1997, pound Lebanon dipatok terhadap dolar AS di angka 1.500 pound per satu dolar AS, dan keduanya dapat saling dipertukarkan hingga Oktober 2019.

Pada 1 Februari 2023, Bank Sentral Lebanon mengubah nilai tukar resminya yang telah lama diterapkan, yakni 1.507,5 pound Lebanon, menjadi 15.000 pound Lebanon per satu dolar AS. Namun, angka tersebut tetapi masih jauh di bawah nilai riil dolar AS.

Banner

Kalangan ekonom Lebanon telah meminta pihak berwenang agar memilih presiden baru dan membentuk kabinet baru guna mengakhiri kebuntuan politik dan memungkinkan negara itu menerapkan reformasi yang diperlukan serta menghentikan kolaps.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan