Kosmonaut Rusia uji coba ‘printer’ 3D di orbit luar angkasa

Uji coba printer 3D
Kosmonaut Roscosmos, Sergey Prokopyev, melakukan uji cetak menggunakan printer 3D pada 28 November 2022, di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). (TASS/OANA)
Advertiser Popin

Uji coba printer 3D di luar angkasa telah dilakukan oleh kosmonaut Roscosmos, Sergey Prokopyev, di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

 

Jakarta (Indonesia Window) – Kosmonaut Roscosmos, Sergey Prokopyev, melakukan uji cetak menggunakan printer 3D pada 28 November lalu di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kata rekannya, koresponden khusus TASS, Dmitry Petelin.

Prokopyev mencoba mencetak bagian mekanis menggunakan filamen (kabel printer) yang dikirimkan oleh pesawat ruang angkasa kargo transportasi Progress MS-21 pada bulan Oktober. Model bagian mekanis dikirim oleh spesialis dari Bumi.

Pesawat ruang angkasa Progress MS-20 membawa printer 3D ke ISS untuk eksperimen pada bulan Juni. Kosmonot Oleg Artemyev adalah orang pertama yang mencoba mesin tersebut dalam kondisi gravitasi nol.

Tujuan uji coba printer 3D itu adalah mengembangkan teknologi aditif untuk membuat berbagai jenis produk dari bahan polimer di luar angkasa. Di masa depan, pengetahuan semacam itu akan memungkinkan awak di pos terdepan orbit dekat Bumi untuk membuat suku cadang dan alat yang diperlukan di lokasi, tanpa menunggu pengirimannya.

Pada 17 November 2021, TASS dan Roscosmos menandatangani nota kerja sama pembukaan biro agensi di ISS. Kosmonot Alexander Misurkin adalah koresponden khusus pertama untuk TASS. Penerbangannya berlangsung selama 12 hari. Kosmonaut Oleg Artemyev menggantikannya setelah itu.

Sekarang, Dmitry Petelin mengirimkan kontribusinya dari ISS untuk umpan berita TASS.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here