Indonesia gagas forum kerja sama dengan Visegrád

Indonesia gagas forum kerja sama dengan Visegrád
Kelompok Visegrad. (Istimewa)

Jakarta (Indonesia Window) – Guna memperluas dan memperdalam kerja sama Indonesia dengan kawasan Eropa Tengah, Indonesia memprakarsai pembentukan forum kerja sama Indonesia-Visegrád, demikian laporan Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Negara-negara Visegrád terdiri atas Ceko, Hongaria, Polandia, dan Slowakia yang memiliki lebih dari 64 juta penduduk dan total PDB lebih dari 2,2 triliun dolar AS, menjadikan kawasan ini pasar non-tradisional yang potensial bagi Indonesia.

Gagasan pembentukan forum tersebut disampaikan saat Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó dalam kunjungan kerja ke Budapest, Hongaria pada Selasa (17/9/2019).

Kedua menteri telah menandatangani Nota Kesepahaman dalam bidang pendidikan dan pelatihan kejuruan yang diharapkan dapat mendukung penerapan kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi dan kecerdasan buatan di sekolah-sekolah menengah kejuruan.

Sementara itu, Hongaria juga akan meningkatkan jumlah penerima beasiswa bagi Indonesia dari 50 menjadi 100 pelajar.

Kini ada 127 orang mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Hongaria pada program pascasarjana dan doktor di bidang sains, sosial, ekonomi, dan lainnya.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here