DK PBB heningkan cipta untuk mendiang mantan presiden China Jiang Zemin

Mantan presiden China Jiang
Foto yang diabadikan pada 14 September 2020 ini menunjukkan tampilan luar kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. (Xinhua/Wang Ying)
Advertiser Popin

Mendiang mantan presiden China Jiang Zemin yang wafat pada 30 November 2022 di usia 96 tahun, dikenang oleh masyarakat internasional atas kontribusinya yang berdedikasi bagi perdamaian, keamanan, dan pembangunan global, serta atas perannya dalam reformasi, keterbukaan, modernisasi, dan pembangunan ekonomi China.

 

PBB (Xinhua) – Anggota Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (30/11) mengheningkan cipta untuk mengenang mendiang mantan presiden China Jiang Zemin (1993 – 2003).

Pada awal pertemuan Rabu itu, perwakilan tetap Ghana untuk PBB, Harold Agyeman, dalam kapasitasnya sebagai presiden DK untuk November, atas nama anggota dewan menyampaikan simpati terdalam mereka kepada pemerintah dan rakyat China atas wafatnya Jiang.

“Mantan presiden Jiang Zemin akan dikenang oleh masyarakat internasional atas kontribusinya yang berdedikasi bagi perdamaian, keamanan, dan pembangunan global, serta atas perannya dalam reformasi, keterbukaan, modernisasi, dan pembangunan ekonomi China,” kata Agyeman.

“Kepergiannya, seperti yang kita tahu, merupakan kehilangan besar bagi China dan masyarakat internasional,” ujarnya.

Atas nama Dewan Keamanan, Agyeman meminta semua yang hadir di ruang dewan itu untuk berdiri dan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Jiang Zemin, yang wafat pada Rabu di Shanghai di usia 96 tahun.

Para perwakilan anggota dewan yang berbicara dalam pertemuan tersebut turut menyampaikan rasa belasungkawa negara mereka atas wafatnya Jiang.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here