Banner

Dana pensiun Swedia jalani investigasi usai rugi besar dalam krisis perbankan AS

Orang-orang berbelanja di sebuah toko di Stockholm, Swedia, pada 6 Februari 2023. (Xinhua/Wei Xuechao)

Dana pensiun Swedia yang mengalami kerugian dalam jumlah besar setelah berinvestasi di bank-bank ceruk (niche) di Amerika Serikat (AS) yang kemudian kolaps akan menjalani investigasi.

 

Stockholm, Swedia (Xinhua) – Dana pensiun Swedia Alecta yang mengalami kerugian dalam jumlah besar setelah berinvestasi di bank-bank ceruk (niche) di Amerika Serikat (AS) yang kemudian kolaps akan menjalani investigasi, sebut badan pengawas keuangan negara itu pada Kamis (4/5).

Banner

Penyelidikan tersebut akan menganalisis praktik-praktik manajemen risiko Alecta dan apakah pihak penyedia dana pensiun ini mematuhi peraturan-peraturan eksternal dan internal ketika berinvestasi di Silicon Valley Bank, First Republic Bank, dan Signature Bank, ungkap Otoritas Pengawasan Keuangan Swedia (Swedish Financial Supervisory Authority) dalam pernyataan persnya.

Dana pensiun Swedia Alecta
Orang-orang berbelanja di sebuah toko di Stockholm, Swedia, pada 6 Februari 2023. (Xinhua/Wei Xuechao)

Alecta, yang mengelola dana pensiun untuk 2,6 juta individu dan 35.000 perusahaan, kehilangan sekitar 20 miliar krona Swedia atau setara 1,9 miliar dolar AS saat sejumlah bank AS tempatnya berinvestasi kolaps tahun ini.

Dana pensiun Swedia Alecta
Orang-orang mengunjungi sebuah mal di Stockholm, Swedia, pada 28 Februari 2023. (Xinhua/Wei Xuechao)

“Kami sangat menghormati Otoritas Pengawasan Keuangan yang memulai penyelidikan ini karena ini merupakan bagian dari misi mereka, dan Alecta tentu saja akan bekerja sama sepenuhnya dengan pihak otoritas,” ujar Jacob Lapidus, kepala divisi komunikasi eksternal dan hubungan media Alecta, kepada surat kabar Swedia Dagens Industri dalam sebuah pernyataan tertulis.  Selesai

Banner

*1 krona Swedia = 1.436 rupiah

**1 dolar AS = 14.632 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan