Belanja litbang sektor internet China tumbuh kuat pada Januari-Oktober 2022

Perusahaan-perusahaan internet China
Seorang staf China Electronic Technology Group Corporation (CETC) mendemonstrasikan robot eksoskeleton wearable dalam ajang Light of Internet Expo di Wuzhen, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 8 November 2022. (Xinhua/Jiang Han)
Advertiser Popin

Perusahaan-perusahaan internet utama China kembali mencatatkan peningkatan dua digit dalam belanja penelitian dan pengembangan (litbang) pada 10 bulan pertama 2022.

 

Beijing, China (Xinhua) – Perusahaan-perusahaan internet utama China kembali mencatatkan peningkatan dua digit dalam belanja penelitian dan pengembangan (litbang) pada 10 bulan pertama 2022, tunjuk data resmi.

Pada periode itu, total belanja litbang perusahaan-perusahaan tersebut mencapai 63,67 miliar yuan, naik 10,4 persen secara tahunan (year on year/yoy), dengan laju 1,6 poin persentase lebih cepat dari yang tercatat pada tiga kuartal pertama 2022, menurut Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Nilai pendapatan bisnis gabungan dari perusahaan-perusahaan internet utama dan perusahaan layanan terkait turun tipis 0,8 persen (yoy) menjadi 1,22 triliun yuan, namun penurunan itu menyusut 0,1 poin persentase dari tiga kuartal pertama 2022, papar data itu.

Secara spesifik, nilai pendapatan bisnis dari perusahaan-perusahaan yang terutama menyediakan layanan penjualan daring melonjak 16,3 persen dari tahun lalu, lajunya tercatat 1 poin persentase lebih cepat dari periode Januari-September.

Perusahaan-perusahaan internet utama dan perusahaan layanan terkait adalah mereka yang membukukan pendapatan bisnis tahunan minimal 20 juta yuan.

Stasiun pemancar

Jumlah stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) 5G aktif di seluruh China telah menembus angka 1,96 juta, kata Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, pada awal September lalu.

Jaringan internet industri berkualitas tinggi mencakup lebih dari 300 kota di China, mempercepat transformasi dan peningkatan perusahaan-perusahaan tradisional China, ujar Wang Peng, pejabat di kementerian tersebut.

Tingkat penetrasi aplikasi internet industri di usaha kecil dan menengah (UKM) telah meningkat hampir lima poin persentase dalam dua tahun terakhir. Dan, 83 persen di antaranya menyampaikan bahwa efisiensi produksi dan operasional telah meningkat signifikan, demikian menurut survei yang dilakukan oleh Aliansi Internet Industri China.

Perusahaan-perusahaan internet China
Foto yang diabadikan pada 20 November 2021 ini menunjukkan venue Konferensi Internet Industri 5G+ China di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah. (Xinhua/Wu Zhizun)

Inovasi dalam industri-industri yang sedang berkembang (emerging industries) seperti “internet industri 5G plus” dan komputasi tepi (edge computing) telah mencatatkan kemajuan pesat, mendorong inovasi terkait peralatan, jaringan, dan perangkat lunak industri baru, serta meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan terkemuka, tutur Wang.

Sistem analisis identitas internet industri telah memainkan peran sangat penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian epidemi, memastikan kelancaran aliran rantai pasokan dan proses pemantauan operasional industri, imbuh Wang.

*1 yuan = 2.207 rupiah

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here